Janji Manis Wali Kota Eri Cahyadi ke Bonek

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 21:49 WIB
Bonek tidak jadi demo Pemkot Surabaya. Sebab, Persebaya mendapat izin untuk menggunakan Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November atau Stadion Tambaksari.
Pertemuan Wali Kota Surabaya dengan Persebaya dan Bonek/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Pemkot Surabaya menggelar pertemuan dengan manajemen Persebaya dan perwakilan Bonek di balai kota. Ada banyak kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan itu digelar sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Pertemuan dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhonny Edison Isir, perwakilan Bonek dari berbagai tribun, manajemen Persebaya, serta Dispora Kota Surabaya.

Salah satu kesepakatan yang dicapai dari pertemuan itu yakni terkait kepastian Persebaya bisa menggelar pertandingan di Gelora Bung Tomo (GBT) dan latihan di Stadion Gelora 10 November, usai proses renovasi rampung pada Bulan Juni mendatang.

"Sebenarnya hasil pertemuan tadi seperti biasanya. Kalau ada yang mau nyewa silakan sewa. Tapi Insyaallah tadi di sepakati kan tahu ada masa pemeliharaan. Kalau masa pemeliharaan selesai ya sudah bisa digunakan dengan sistem sewa. Tadi disepakati dengan peraturan perundangan yang berlaku," kata Wali Kota Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Rabu (24/3/2021).

Selain sudah ada kesepakatan soal izin sewa stadion, Eri juga mengaku bangga. Sebab dalam kesepakatan itu juga akan ada pembinaan pemain muda asli Surabaya.

"Tapi yang saya bangga, yang saya bahagia betul, di hari ini adalah satu. Kita sama-sama mencetak anak-anak Surabaya menjadi pemain yang hebat. Itu tanggung jawabnya Persebaya dan Pemkot Surabaya," ungkap Eri.

Eri menyampaikan, Pemkot Surabaya ke depan akan bersinergi dengan Persebaya dalam pembentukan akademi sepak bola. "Karena bagaimana pun anak-anak Surabaya lek dadi (kalau jadi) pemain dia akan bangga ketika membela Persebaya. Karena itu saya pikir lapo kok angel-angel (kenapa susah-susah), yo nggak opo-opo," terangnya.

Lebih jauh Eri mengajak semuanya berkolaborasi demi kebaikan bersama. Antara suporter, Persebaya dan juga Pemkot Surabaya. Ia berharap Bonek menjadi suporter yang santun dan memiliki kebanggaan.

"Karena apa yang terpenting sudah saya sampaikan. Apa sih yang bisa kita berikan, jangan hanya teman-teman Bonek ketika memikirkan Persebaya, memikirkan Pemerintah Kota untuk bersatu, tetapi ketika ada pertandingan di luar konco-konco Bonek gandol. Nah iki (ini) Persebaya tanggung jawabnya seperti apa. Pemerintah kota, wali kota bapake arek-arek Suroboyo kudu lapo (wali kota bapaknya anak-anak Surabaya harus apa)," ungkap Eri.

"Nah ini lah saya harap ada kolaborasi. Sehingga Bonek ini tidak hanya menjadi Bonek. Tapi saya ingin tunjukkan Bonek Surabaya ini Bonek yang santun, Bonek yang punya kebanggaan," ujar Eri.

Selanjutnya
Halaman
1 2