Muazin Buta Ini Merasa Lebih Merdu Saat Azan Zuhur Karena Perut Kosong

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 13:39 WIB
Seorang muazin buta di Banyuwangi tengah menjadi perhatian bahkan sampai viral. Sebab, muazin tersebut bersuara merdu.
Muazin buta di Banyuwangi, Ahmad Bisri (61)/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Seorang muazin buta di Banyuwangi tengah menjadi perhatian bahkan sampai viral. Ia merasa suaranya lebih merdu saat azan zuhur.

Muazin buta ini bernama Ahmad Bisri (61), warga Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Ia buta sejak 5 tahun lalu. Ia merupakan muazin tetap di Masjid Baitul Muttaqin, desa setempat.

Ia viral karena bersuara merdu saat azan. Meski sempat mengatakan suaranya biasa-biasa saja, ia mengakui ada yang beda saat azan salat zuhur. Ahmad merasa suaranya lebih enak didengar.

Menurut Ahmad, itu karena perutnya terbilang kosong saat azan zuhur. Sebab ia belum makan siang, sementara ia biasa sarapan pagi pukul 07.00 WIB.

"Dibanding dengan waktu salat lainnya, waktu azan salat zuhur yang paling bagus didengarkan," ujarnya kepada detikcom, Selasa (23/3/2021).

Banyak jemaah yang kagum dengan suara azan pria yang akrab disapa Pak Mad ini. Muazin buta ini mengaku belajar azan sejak kecil, saat menimba ilmu di Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

Di pesantren terbesar di Bumi Blambangan itu, Ahmad diajari langsung oleh sang pengasuh ponpes, KH Muhtar Syafaat Abdul Gofur. "Saya belajar di Ponpes Blokagung enam tahun. Saya tertarik menjadi muazin sejak saat itu," terangnya.

Pak Mad kemudian mulai mengembangkan kemampuan sebagai muazin. Ia tak menyangka keahliannya dalam azan saat ini menjadi sesuatu yang berharga bagi hidupnya.

"Hanya ini yang saya mampu, dan alhamdulillah kemampuan saya ini dapat bermanfaat bagi orang lain," paparnya.

Sebelumnya diberitakan, tentang muazin buta ini diunggah akun @ayung_n di Twitter beberapa waktu lalu. Dalam video berdurasi 45 detik yang diunggah, kumandang azan kakek itu membuat pemilik akun kagum.

"Namanya Pak Mad. Muadzin di Masjid Baitul Muttaqin, Desa Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Suaranya, masyaAllah, merdu," berikut yang ditulis akun tersebut seperti dikutip detikcom.

(sun/bdh)