Viral Muazin Buta Bersuara Merdu di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 11:44 WIB
Seorang muazin buta di Banyuwangi tengah menjadi perhatian bahkan sampai viral. Sebab, muazin tersebut bersuara merdu.
Muazin buta di Banyuwangi, Ahmad Bisri (61)/Foto: Tangkapan Layar
Banyuwangi -

Seorang muazin buta di Banyuwangi tengah menjadi perhatian bahkan sampai viral. Sebab, muazin tersebut bersuara merdu.

Tentang kakek buta ini diunggah akun @ayung_n di Twitter beberapa waktu lalu. Dalam video berdurasi 45 detik yang diunggah, kumandang azan kakek itu membuat pemilik akun kagum.

"Namanya Pak Mad. Muadzin di Masjid Baitul Muttaqin, Desa Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Suaranya, masyaAllah, merdu," berikut yang ditulis akun tersebut seperti dikutip detikcom, Selasa (23/3/2021).

"Yang lebih luar biasanya, selama 5 tahun terakhir, dia kehilangan penglihatannya. Tapi, tak menyurutkan langkahnya untuk ke masjid. Kami yang muda dan sehat jadi malu," tulisnya.

Unggahan tersebut mendapat 167 komentar dan 2 ribu kali dibagikan. Muazin buta itu diketahui bernama Ahmad Bisri (61). Ia merupakan warga Desa Kalipait, Telipdlimo, Tegaldlimo, Banyuwangi.

"Saya memang muazin di masjid ini. Beberapa orang bilang suara saya bagus. Padahal menurut saya ya biasa saja. Katanya ada yang video gitu, saya ndak tau," ujar Ahmad saat ditemui detikcom.

Dalam video itu, terlihat Ahmad Bisri mengumandangkan azan dengan posisi sedikit membungkuk. Kakek itu tampak mengenakan baju Muslim dengan kopiah dan sarung.

"MasyaAllah. Ini kalau cm dengar diluar masjid, mesti ngira yg adzan masih muda," tulis akun @rifanaalif20.

Ada juga warganet yang merasa tertampar dengan video itu. Akun @kussnadi0 menuliskan harapan agar muazin buta itu tetap sehat.

"Manusia kalo sdh sangat cinta dg Tuhannya, dikasih ujian apapaun tetep aja semangat untuk beribadah...sehat terus pak Mad, semoga Allah melindungi bapak sekeluarga, saya tertampar tapi tetep tak beranjak untuk meniru," tulisnya.

(sun/bdh)