ITS Surabaya Luncurkan Buku Peringati Setahun Corona

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 10:58 WIB
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya melakukan berbagai kegiatan dalam memperingati setahun Corona di Indonesia. Seperti peluncuran buku, pemberian bantuan hingga penghargaan bagi sivitas akademikanya yang berkontribusi. Penganugerahan diberikan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng/Foto: Istimewa/Humas ITS
Surabaya -

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya melakukan berbagai kegiatan dalam memperingati setahun Corona di Indonesia. Seperti peluncuran buku, pemberian bantuan hingga penghargaan bagi sivitas akademikanya yang berkontribusi.

Peringatan ini digelar dalam sebuah acara bertajuk Satu Tahun Kontribusi ITS dalam Melawan COVID-19, yang digelar secara daring, Senin (22/3). Penganugerahan diberikan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.

Dalam sambutannya, Ashari memaparkan jika penghargaan atas kontribusi dalam penanggulangan COVID-19 ini diberikan kepada tiga pihak utama. Penghargaan pertama, dianugerahkan kepada Tim Satgas COVID-19 ITS yang menjadi garda terdepan ITS dalam melawan pandemi.

"Tim ini telah bekerja keras selama setahun terakhir dengan melahirkan banyak gebrakan dalam menghadapi pandemi ini," kata Ashari dalam siaran pers yang diterima detikcom di Surabaya, Selasa (23/3/2021).

Selanjutnya, pihak kedua yang mendapat anugerah yakni satuan kerja di ITS. Dari sekian banyak satuan yang ada, ITS Surabaya memberikan penghargaan khusus bagi lima satuan kerja seperti Medical Center (Medcen), Biro Sarana dan Prasarana (Sarpras), Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa), Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI), serta Unit Komunikasi Publik (UKP).

"Kelimanya memberikan kontribusi khusus sesuai bidang pekerjaan mereka masing-masing," sebut Ashari.

Tak hanya itu, ITS juga memberikan penghargaan bagi 75 tim dosen asal beragam departemen yang berperan dalam menanggulangi pandemi. Puluhan tim ini diisi oleh ratusan sivitas akademika ITS yang memberi dukungan melawan pandemi dari ranah penelitian, inovasi, hingga pengabdian masyarakat.

"Di antara tim-tim dosen ini juga memberikan gebrakan luar biasa seperti robot RAISA, i-nose c-19, face shield ITS dan beragam lainnya," jelas guru besar Teknik Elektro ITS ini.

Di acara ini, ITS juga mendistribusikan bantuan pengabdian masyarakat berupa hand sanitizer ITS bagi 12 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Bantuan ini diberikan secara simbolis kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dr Bambang Priyo Utomo.

Diketahui, ITS mendistribusikan 5.015 liter hand sanitizer berbasis NaOCl, yang dibagi dalam dua periode. Periode pertama telah dilaksanakan pada 29 Januari lalu dan telah terdistribusi sebanyak 1.250 liter untuk Puskesmas di Kota Surabaya, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Sidoarjo.

Simak video 'Setelah GeNose UGM, ITS Buat Alat Screening Lewat Ketiak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2