Waspada! BMKG Prediksi Sejumlah Daerah di Jatim Diguyur Hujan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 10:06 WIB
BMKG Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan dini pada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Karena, hari ini sejumlah daerah di Jatim diprakirakan diguyur hujan deras disertai petir dan angin kencang.
Peringatan dini tiga harian Jawa Timur/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

BMKG Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan dini pada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Karena, hari ini sejumlah daerah di Jatim diprakirakan diguyur hujan deras disertai petir dan angin kencang.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang sesaat," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (22/3/2020).

Teguh menambahkan, pada siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas sedang hingga deras dengan petir dan angin kencang diprediksi terjadi di sejumlah wilayah. Yakni Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Magetan dan Kabupaten Kediri.

"Lalu, hujan akan mengguyur wilayah Kota Kediri, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep," imbuh Teguh.

Sedangkan untuk malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga deras dengan petir dan angin kencang sesaat akan terjadi di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk.

Tak hanya itu, hujan juga terjadi pada malam hari di Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Untuk suhu udara di Jatim mulai dari 12 hingga 34 °C dengan kelembapan udara di angka 55 hingga 100 persen. Sedangkan untuk arah angin dominan dari barat ke barat daya dengan kecepatan 5 sampai 40 km/jam.

Lihat juga video 'Jokowi: Jangan Sibuk Buat Aturan, yang Utama Pelaksanaan':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)