Cabai Rawit Dicat di Banyuwangi Ditemukan Saat Ditumis dan Warnanya Luntur

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 11:19 WIB
Banyuwangi -

Media sosial di Banyuwangi digegerkan video temuan cabai rawit dicat, viral. Cabai rawit yang mengeluarkan cat warna oranye ini, ditemukan pada saat dimasak.

Agung Prasetyo Hadi (31), pemilik akun Facebook Agung Emfet Putra Blambangan menemukan cabai rawit yang diduga dicat saat neneknya, Suryati (73) membeli 1 kantong plastik ke pedagang keliling atau biasa disebut mlijo, Kamis (18/3/2021). Agung mendapat laporan dari istrinya yang hendak memasak.

"Begitu dapat laporan langsung saya video kan. Waktu ditumis kok luntur. Jadi di wajan itu ada bawang merah bawang putih, warnanya ikutan oranye. Seperti dilumuri saus," jelas Agung kepada wartawan, Minggu (21/3/2021).

Agung mengaku, sang nenek sengaja memilih cabai yang berwarna lebih cerah. Karena menurut neneknya, cabai yang berwarna lebih cerah lebih pedas dan lebih matang. Saat dipegang, cabai rawit itu lebih berair.

"Kata nenek, waktu beli itu ya seperti cabai biasa. Seperti cabai tua, warnanya oranye," tandas warga Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi ini.

Namun Agung mengaku tidak mengerti apa jenis cat yang digunakan untuk mewarnai cabai rawit tersebut.

Sebelumnya, dalam video viral cabai rawit dicat diunggah dua hari lalu, terlihat seseorang sedang menumis cabai rawit. Cabai dicat yang sedang ditumis mengeluarkan cairan warna oranye kemerahan. Lama-lama cairan itu terlihat semakin mengental. Pembuat video juga berkomentar tentang kondisi cabai rawit tersebut sambil mengaduk-aduk cabai yang ditumis

"Lombok iso dicet lho. deloken to. ati-ati tenan dulur-dukur kabeh konco2 kabeh lek ngumbah sing tenana. Deloken iki lho cet iki lho. cat oren warna lombok iki lho (Lombok bisa dicat lho. Lihatlah. Hati-hati saudara-saudata semua, teman-teman semua. Kalau mencuci yang bersih. Lihatlah ini kan cat. Cat warna Oren Lombok)," ujar pria dalam video tersebut.

(fat/fat)