Vaksin COVID-19 AstraZeneca Dijadwalkan Tiba di Jatim Senin Depan

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 14:30 WIB
BPOM Uni Eropa: Vaksin AstraZeneca Tak Sebabkan Pengentalan Darah
Vaksin AstraZeneca (Foto: DW (News)
Surabaya -

Jatim akan segera menerima vaksin AstraZeneca. Vaksin asal Inggris tersebut rencananya akan dikirim pada Senin (22/3).

"Jatim juga akan kebagian vaksin ini. Yang nantinya insyaallah hari Senin nanti," terang Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril kepada detikcom, Sabtu (20/3/2021).

Sedangkan berapa jatah yang akan didapat Jatim, Jibril belum bisa memastikannya. Ia hanya meminta untuk menunggu hingga benar-benar vaksin tersebut telah datang.

"Untuk kepastiannya (jumlah) mohon ditunggu dahulu sampai vaksinnya benar-benar datang di Jatim," ujar Jibril.

Menurut Jibril, vaksin AstraZeneca memang selama ini telah ditunggu-tunggu. Belum dikirimnya vaksin tersebut karena masih dalam proses izin edar dari Badan Obat Pengawas Makanan (BPOM).

"Jadi untuk vaksin AstraZaneca ini kan masih menunggu ya. Karena kemarin dari BPOM masih belum keluar izinnya," tukasnya.

"Ini alhamdulillah sudah mengeluarkan izin untuk vaksin AstraZaneca," tandas Jibril.

Tak hanya dari BPOM, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa terkait vaksin AstraZeneca boleh digunakan dalam situasi darurat. Sebab sebelumnya vaksin ini dinyatakan haram karena mengandung unsur babi dalam proses produksinya

Sebelumnya, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Brotoasmoro mengatakan vaksin COVID-19 dari AstraZeneca akan tiba di Tanah Air secara bertahap. Reisa menyebut vaksin AstraZeneca didapat dari COVAC Facility.

"Berita baik lainnya dalam waktu dekat, vaksin AstraZaneca yang kita dapat dari COVAC Facility, yang merupakan hasil kerjasama multilateral pengadaan vaksin, juga akan segera datang secara bertahap," kata Reisa dalam konferensi pers daring lewat YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat (5/3/2021).

Simak video 'Vaksin AstraZeneca Segera Didistribusikan ke Daerah 3T di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)