Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana di Pacitan Waspadai Megathrust

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 17:48 WIB
Kemensos RI Bentuk Kampung Siaga Bencana di Pacitan Waspadai Megathrust
Kesiapsiagaan Kampung Siaga Bencana (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Kabupaten Pacitan termasuk kawasan rawan gempa dan tsunami. Ini karena posisinya berada di dekat lempeng Indoaustralia. Beragam antisipasi pun dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Salah satunya pembentukan Kampung Siaga Bencana.

"Para peserta diperkenalkan pada peran dan fungsinya sebagai relawan Kampung Siaga Bencana yang nanti akan terbagi dalam beberapa tim. Yakni Tim Posko, Gardu Sosial, Dapur Umun, Shelter, Evakuasi, Tim Reaksi Cepat (TRC), dan Logistik (lumbung sosial)," kata fasilitator Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Twi Adi di lokasi, Jumat (19/3/2021).

Sebelum pembentukan Kampung Siaga Bencana, lanjut Twi Adi, tahapan yang dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan. Kriterianya merupakan wilayah di Jawa Timur yang berbasis kawasan termitigasi rawan bencana dan megathrust. Sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi.

"Kegiatan terutama difokuskan pada upaya peningkatan kapasitas Tagana (Taruna Siaga Bencana) Muda," imbuhnya.

Selama tiga hari mereka diberi pemahaman tata cara sosialisasi dan pelatihan. Tujuan membentuk mereka menjadi tenaga relawan yang siap dalam penanganan bencana baik pada pra saat maupun pasca bencana. Peserta juga diberikan materi terkait kebijakan Kemensos RI dalam rangka pengurangan risiko bencana.

Selanjutnya
Halaman
1 2