Partai Ummat Surabaya Akan Dideklarasikan pada Ramadhan Secara Virtual

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 21:07 WIB
partai ummat surabaya
Pengurus Partai Ummat Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya - Tim Pembentukan Partai Ummat Surabaya mengaku telah siap mendeklarasikan partai besutan Amien Rais cs itu. Deklarasi akan dilakukan serentak di bulan Ramadhan secara virtual.

"Untuk Surabaya alhamdulillah sudah 90 persen. Karena hanya 4 kecamatan yang belum ada pengurusnya," ujar anggota Tim Pembentukan Partai Ummat Jatim Ali Murtadho kepada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Ali mengatakan persiapan itu merupakan instruksi dari pusat dan sudah dilakukan. Tak hanya struktur, kantor sekretariat juga sudah terpenuhi semua.

"Karena insruksi dari pusat kan kami menyiapkan pengurus. Terutama kantor dan sekretariat dan itu insyaallah sudah terpenuhi," terang Ali.

"Iya secara virtual serentak dengan pusat tanggal 17 Ramadhan kira-kira akhir April. Tapi nanti kita kumpul di suatu tempat untuk deklarasinya," imbuh Ali.

Menurut Ali, dalam kepengurusan Partai Ummat di Surabaya, hampir rata-rata akan diisi oleh wajah-wajah baru. Sedangkan sisanya merupakan dari berbagai kader partai lain, termasuk dari Partai Amanat Nasional (PAN).

"Insyaallah 80 persen wajah baru. Hanya 10 sampai 20 persen saja yang aktivis partai lain. Ya, ada beberapa dari partai yang dibentuk Pak Amien dahulu dari PAN. Dari partai lain juga ada. Cuma saya gak elok menyebutnya," jelasnya.

Ali mengaku optimis, usai dideklarasikan, Partai Ummat akan mampu lolos ambang batas yang ditentukan. Sebab hal itu didasarkan dari perhitungan politik yang ada.

"Sebagai partai baru berdiri dan baru akan mengikuti konstestasi pemilu tentu targetnya lolos ambang batas itu. Dan kira-kira secara perhitungan politik kami, itu sudah bisa terjangkau," tukasnya.

"Buktinya beberapa survei yang sudah merilis ini sudah di atas PAN. Dan biasanya secara teori setelah deklarasi bisa naik berlipat-lipat," tandas Ali. (iwd/iwd)