Budi Sugiharto Wartawan Senior Surabaya Tutup Usia

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 15:58 WIB
budi sugiharto, wartawan senior di surabaya tutup usia
Foto: Istimewa (Dok Budi Sugiharto)
Surabaya -

Wartawan senior Budi Sugiharto (47) meninggal dunia. Ia mengembuskan nafas terakhir sekitar pukul 06.00 WIB di RS PHC Surabaya.

Jurnalis sekaligus fotografer senior yang akrab dipanggil Uglu ini mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit stroke yang dideritanya dalam beberapa waktu terakhir. Meski dirawat sekitar 10 hari, namun tim medis menyatakan kondisi Budi 'Uglu' Sugiharto tersebut negatif COVID-19. Pria yang biasa disapa Uglu ini sempat dinyatakan positif COVID-19 setelah ikut vaksin.

Sepak terjangnya di dunia jurnalistik dimulai dengan menjadi jurnalis foto di Koran Surabaya Post dan Memorandum. Lulusan Stikosa-AWS jurusan jurnalistik ini juga pernah menjadi stringer jurnalis foto kantor berita asing seperti Reuters, AP maupun AFP untuk Jawa Timur, sebelum menjadi Kepala Biro detikcom biro Surabaya.

Pria kelahiran Bojonegoro ini juga pernah meliput demo reformasi tahun 1998 di Surabaya, kasus Bom Bali 1 tahun 2002 silam, Lumpur Lapindo Brantas Inc di Sidoarjo dan masih banyak lainnya. Pekerjaannya sebagai jurnalis (bukan jurnalis foto) tidak membuat dirinya berhenti belajar dan terus mengembangkan kemampuan fotografi.

Berbagai kompetisi fotografi diikuti. Dari tangan-tangan dinginnya, juara dan penghargaan diraih. Bahkan sempat menggelar pameran foto tunggal maupun ikut pameran foto bersama dengan jurnalis lainnya.

budi sugiharto, wartawan senior di surabaya tutup usiaBudi Sugiharto, wartawan senior di Surabaya tutup usia/ Foto: Imam Wahyudiyanta

"Dia itu teman, saudara. Terakhir ketemu di kantornya. Ada (Bukti) fotonya," ujar Totok Sumarno, salah satu reporter Suara Surabaya, yang juga salah satu teman seperjuangan di dunia jurnalistik sejak di Surabaya Post.

Terakhir, Budi mendirikan sebuah media online bernama Jatimnow. Di media yang berkantor di Jalan Jimerto, Kecamatan Genteng, Surabaya itu, sebagai pimpinan redaksi (Pemred).

"Saya saksinya. Uglu orang baik," ujar BPB Linmas yang juga Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, Irvan Widyanto sambil menahan tangis di TPU Keputih.

Saat ini, jenazah almarhum sudah dimakamkan di TPU Keputih blok non COVID Surabaya. Pria kelahiran Bojonegoro itu meninggal di usia 47 tahun. Ia meninggalkan seorang istri dan 3 anak.

Sebelumnya, di bulan Februari 2021 rekan seperjuangannya fotografer senior Jawa Pos, Yuyung Abdi juga meninggal dunia.

(fat/fat)