Tebing Setinggi 12 Meter Longsor, Rumah Warga di Tulungagung Jebol dan Retak

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 10:08 WIB
Plengsengan tebing setinggi 12 meter dengan panjang 17 meter di Tulungagung longsor, akibatnya dinding rumah salah satu warga jebol dan retak-retak. Longsor juga mengancam rumah warga yang lain.
tebimng longsor membuat rumah warga jebol (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Plengsengan tebing setinggi 12 meter dengan panjang 17 meter di Tulungagung, longsor. Longsor di Tulungagung terjadi setelah ada hujan deras selama 3 jam. Akibatnya dinding rumah salah satu warga jebol dan retak-retak. Longsor juga mengancam rumah warga yang lain.

Bencana alam itu menimpa rumah Jait Susanto (35) di Dusun Gading, Desa Samar, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Minggu (14/3/2021) sore. Kejadian itu berlangsung setelah wilayah Desa Samar diguyur hujan deras selama lebih dua jam.

"Dampaknya, ruang keluarga dan dapur rumah kami jebol, kemudian di bagian atas juga ada retakan. Untuk sementara kami mengungsi ke rumah orang tua di sebelah ini," kata Jait Susanto, Senin (15/3/2021).

Menurutnya sebelum longsor terjadi, tidak ada tanda-tanda akan terjadi bencana alam tersebut. Kondisi plengsengan milik tetangganya Eko Suyanto tidak ada yang retak parah. Namun tak disangka, intensitas curah hujan yang tinggi memicu struktur tebing dan plengsengan menjadi labil, hingga terjadi longsor.

"Ada retakan tapi kecil, kami tidak menyangka akan seperti ini," ujarnya.