Kerangka Manusia yang Ditemukan di Nganjuk Dipastikan Korban Longsor 2017

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 22:53 WIB
penemuan kerangka di nganjuk
Kerangka manusia yang ditemukan di Nganjuk (Foto: Istimewa)
Nganjuk -

Tim DVI Polda Jatim berhasil mengidentifikasi kerangka manusia yang ditemukan Warga Dusun Dlopo, Desa Kepel, Ngetos, Nganjuk. Kerangka tersebut dipastikan adalah korban tertimbun longsor tahun 2017 silam.

"Jadi barusan sore tadi kita mendapatkan kabar hasil identifikasi oleh Tim DVI, bahwa kerangka tersebut merupakan salah satu korban tertimbun longsor tahun 2017 yang saat itu belum diketemukan," ujar Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi Agung Pratama saat dikonfirmasi detikcom Senin (8/3/2021).

Berdasarkan hasil pencocokan DNA dari keluarga yang kehilangan anggota keluarga, kata Harvi, kerangka tersebut teridentifikasi atas nama Paidi. Berdasarkan data warga yang kehilangan anggota keluarga, lanjut Harvi, Paidi merupakan satu dari lima korban tertimbun longsor yang belum ditemukan saat longsor tahun 2017.

"Jadi keluarga juga sudah menerina hasil identifikasi Tim DVI yang berlangsung di RS Bhayangkara Nganjuk, dan akan segera diserahkan ke keluarga," kata Harvi.

Sebelumnya kerangka manusia tersebut, pertama kali ditemukan oleh Parjo (50) warga setempat yang hendak memanen padi Minggu (7/3) sekitar pukul 07.30 WIB. Parjo melihat kerangka kepala tersangkut batu sungai kecil.

Bencana longsor di Dusun Dlopo, Desa Kepel, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, terjadi pada Minggu 9 April 2017 sekitar pukul 14.00 WIB. Akibat longsor tersebut, 5 orang dikabarkan tertimbun yang saat itu belum ditemukan.

Kelima korban yakni, empat warga asal Dusun Sumber Bendo yakni Kodri (15), Doni (23), Dwi (17), Bayu (14), serta Paidi (55) warga Dusun Njati.

(iwd/iwd)