Unik, Ini 8 Desa di Kabupaten Trenggalek yang Punya Kembaran

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 17:33 WIB
Kabupaten Trenggalek
Tugu Kabupaten Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)

5. Pandean

Desa dengan nama Pandean berada di Kecamatan Dongko serta Kecamatan Durenan. Meski memiliki nama yang sama, namun karekteristik alam kedua wilayah berbeda jauh. Desa Pandean, Dongko berada wilayah pegunungan, sedangkan Pandean, Durenan di kawasan dataran.

6. Besuki

Dua wilayah yang berdampingan, Kecamatan Munjungan dan Panggul ternyata memiliki desa dengan nama yang sama, yakni Desa Besuki.

7. Karanganyar

Pasangan nama desa kembar ke-7 di Trenggalek adalah Karanganyar. Kedua desa berada di Kecamatan Gandusari serta Kecamatan Pule.

8. Sawahan

Desa dengan nama sama atau kembar di Trenggalek yang terakhir adalah Sawahan. Desa ini berada di Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Panggul.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Trenggalek Edi Supriyanto, membenarkan adanya nama 8 desa dengan nama yang sama.

"Di Trenggalek ini memang lumayan banyak yang nama desanya kembar," kata Edi kepada detikcom, Sabtu (13/3/2021).

Menurutnya nama desa yang sama terkadang membuat rancu ketika disampaikan. Namun secara administratif tidak menjadi maslaahy, karena memili kewilayahan yang berbeda.

"Yang rancu itu ketika kita menyampaikan, misalkan Desa Wonocoyo, hadus detail Wonocoyo yang di Kecamatan Pogalan atau Panggul. Kalau administrasi nggak ada masalah," jelasnya.

Itu tadi, delapan desa kembar di Trenggalek. Kalau di daerahmu ada desa apa saja?

Halaman

(fat/fat)