Unik, Ini 8 Desa di Kabupaten Trenggalek yang Punya Kembaran

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 17:33 WIB
Kabupaten Trenggalek
Tugu Kabupaten Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Sejak lama Jawa Timur dikenal dengan nama desa unik atau sekolah unik. Kali ini di Kabupaten Trenggalek terdapat nama 8 nama desa unik. Karena memiliki nama kembar atau sama dengan desa lain di dalam satu kabupaten. Nama-nama desa menjadi penanda suatu wilayah di bawah kecamatan.

Inilah daftar 8 nama desa kembar atau sama di wilayah Kabupaten Trenggalek :

1. Wonocoyo

Terdapat dua desa dengan nama Wonocoyo di Kabupaten Trenggalek. Satu desa berada di Kecamatan Pogalan dan satunya berada di pusat Kecamatan Panggul. Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul memiliki sejumlah objek wisata menarik, di antaranya tempat konservasi penyu Pantai Taman Kili-kili, Pantai Pelang serta taman balai kota.

2. Depok

Desa dengan nama Depok juga ada di dua Kabupaten Trenggalek, yakni Depok Kecamatan Bendungan yang berada di wilayah utara Trenggalek dan Desa Depok, Kecamatan Panggul di kawasan pesisir selatan Trenggalek.

3. Sukorejo

Desa kembar berikutnya adalah Sukorejo, yang berada di Kecamatan Gandusari dan Kecamatan Tugu. Meski berada di dua kecamatan berbeda, nama desa kembar ini otomatis juga memiliki kesamaan nama sekolah dasar (SD).

4. Watuagung

Di Desa Watuagung terdapat di dua kecamatan, yakni Watulimo dan Dongko. Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo memiliki dua objek wisata spesial, yakni Gua Lawa yang diklaim sebagai gua terpanjang dan terbesar di asia, serta wisata panjat tebing via ferrata.

Sedangkan Desa Watuagung, Kecamatan Dongko juga memiliki objek wisata berupa air terjun Jurug Waru.

Selanjutnya
Halaman
1 2