Mentan Lepas Ekspor Produk Pertanian di Jatim Senilai Rp 140 Miliar

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 13:50 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor produk pertanian di Jawa Timur senilai Rp 140 miliar.
Mentan, mendag, menteri BUMN dan Gubernur Khofifah (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor produk pertanian di Jawa Timur senilai Rp 140 miliar. Ada 32 jenis komoditi pertanian.

"Dalam rangka melaksanakan ekspor bersama. Ekspor yang di sini komoditinya banyak. Di sini kurang lebih Rp 140 miliar, terdiri 32 jenis komoditi pertanian, 27 negara tujuan yang kita lepas. Ini ekspor yang cukup besar," ujar Syahrul di Teluk Lamong, Jumat (12/3/2021).

Dalam pelepasan ekspor bersama ini, Mentan Syahrul didampingi Mendag M Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Menurut Syahrul, ini kali pertama mentan bisa jalan bersama dengan mendag serta Menteri BUMN.

"Yang kita lepas hari ini jumlahnya seluruh Indonesia nilainya Rp 1,2 triliun di 52 pintu pelabuhan, salah pintu besar di Jatim Rp 140 miliar di Teluk Lamong ini yang baru diresmikan. Untuk pertama kali mentan itu jalan sama mendag, Menteri BUMN, ini tidak pernah jalan sebelumnya. Yang kita dengar biasanya selalu ribut aja,"

Syahrul menjelaskan, pelepasan ekspor ini sesuai dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo. Arahan itu, lanjut Syahrul, untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

"Ini perintah Pak Presiden tingkatkan ekspor. Kebetulan ekspor 2020 jumlahnya Rp 549 triliun, naik 15,4 persen. Ini bukan data pertanian, ini data BPS," jelasnya.