600 Personel Diturunkan Antisipasi Acara 5 Tahunan Parapatan Luhur PSHT

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 13:04 WIB
suasana padepokan PSHT pusat Madiun th 2018
Suasana padepokan PSHT Madiun 2018 sebelum pandemi (Foto file: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun - Parapatan Luhur 2021 digelar lima tahunan, kali ini digelar virtual. Acara Perguruan pesilat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Kota Madiun ini digelar, Sabtu (13/3/2021). Pihak PSHT menyebut acara ini tanpa konvoi untuk menghindari kerumunan.

Kapolresta Madiun AKBP I Dewa Putu Eka Dharmawan saat dikonfirmasi detikcom menjelaskan pihaknya telah mengerahkan lebih 600 personel untuk melakukan penyekatan menjelang kegiatan PSHT Parapatan Luhur 2021.

"Ada 600 personel untuk melakukan penyekatan menjelang kegiatan PSHT Parapatan Luhur 2021," kata kapolres, Jumat (12/3/2021).

Dia menjelaskan ratusan personel itu disiagakan mengantisipasi konvoi dan massa yang berdatangan menuju padepokan PSHT Madiun. Penyekatan dilakukan di perbatasan pintu masuk Kota Madiun di antaranya simpang ring road perbatasan Nglames.

"Masih pandemi untuk menghindari kerumunan jadi tidak boleh ada pesilat konvoi datang. Jika nekat, dianggap perusuh. Kita sudah mulai melakukan penyekatan sejak PPKM Mikro Jilid 3," tandasnya.

Dia menyebut, acara yang digelar lima tahunan itu dilakukan virtual. Dan dilakukan 30 orang undangan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Kita sudah mulai melakukan penyekatan sejak PPKM Mikro Jilid 3. Dan kita mulai melakukan razia jika ada (Pesilat) nekat konvoi (pesilat)," tandasnya.

Humas PSHT Pusat Madiun Bagus Rizki Dinarwan berpesan agar pesilat tidak mengerahkan massa atau konvoi. Bila ada pengerahan massa atau pesilat datang untuk berkonvoi akan ditindak tegas.

"Acara berlangsung secara virtual serentak dari PSHT Pusat Madiun. Dan bisa diikuti serentak semua cabang se-Indonesia. Jika ada yang nekat datang dianggap perusuh," tandasnya.

Data yang dihimpun detikcom, PSHT Pusat Madiun memiliki lebih dari 7 juta anggota tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

(fat/fat)