PSHT Gelar Parapatan Luhur Virtual di Madiun, Pesilat Berkonvoi Dianggap Perusuh

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 11:49 WIB
suasana padepokan PSHT pusat Madiun th 2018
Suasana padepokan PSHT Madiun 2018 sebelum pandemi (Foto file: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun - Perguruan pesilat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Kota Madiun akan menggelar Parapatan Luhur 2021 (Rapat besar nasional) 5 tahunan secara virtual, Sabtu (13/3/2021). Bila ada pengerahan massa atau pesilat datang untuk berkonvoi akan ditindak tegas.

"Acara berlangsung secara virtual serentak dari PSHT Pusat Madiun. Dan bisa diikuti serentak semua cabang se-Indonesia. Jika ada yang nekat datang dianggap perusuh," kata Humas PSHT Pusat Madiun Bagus Rizki Dinarwan saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (12/3/2021).

Bagus mengatakan agenda 5 tahunan ini sebagai bentuk pelaksanaan kedaulatan tertinggi organisasi. Yakni menetapkan kepengurusan baru, termasuk ketua umum dan membahas dan menetapkan AD ART.

Bagus mengatakan di Padepokan Pusat Kota Madiun ini hanya dihadiri 30-an perwakilan pengurus PSHT dari Kota/Kabupaten Jawa timur. Sedangkan 350 Pengurus Cabang PSHT dari semua provinsi seluruh Indonesia mengikuti secara virtual.

"Karena dilaksanakan secara virtual kumpul di setiap propinsi, yang di Padepokan Madiun hanya sekitar 30 perwakilan dari Jatim. Ada 350 cabang bisa ikut serta, yang sudah verifikasi masuk menyatakan ikut 320-an," jelas Bagus.

PSHT Pusat Kota Madiun diketahui memiliki lebih 7 juta anggota tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

(fat/fat)