Banjir Kembali Terjang 2 Desa di Probolinggo, Warga Menangis Histeris

M Rofiq - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 18:26 WIB
Warga dua desa di Kabupaten Probolinggo kembali diterjang banjir luapan Sungai Kedung Galeng. Ini merupakan banjir kali keempat dalam sepekan terakhir.
Banjir di Desa Dringu dan Desa Kedung Dalem, Kecamatan Dringu/Foto: M Rofiq/detikcom
Probolinggo -

Warga dua desa di Kabupaten Probolinggo kembali diterjang banjir luapan Sungai Kedung Galeng. Ini merupakan banjir kali keempat dalam sepekan terakhir.

Dua desa tersebut yakni Desa Dringu dan Desa Kedung Dalem di Kecamatan Dringu. Banjir mulai terjadi sekitar pukul 16.20 WIB.

"Ya apa ini Pak. Warga masih belum selesai derita akibat banjir kemarin. Sore ini kembali diterjang banjir akibat luapan dari Sungai Kedung Galeng. Padahal tidak ada hujan. Ini banjir kiriman dari wilayah atas, wilayah Kecamatan Sumber," ujar warga Desa Kedung Dalem, Suliha (55) kepada detikcom, Rabu (10/3/2021).

Banjir membuat warga panik keluar meninggalkan rumah. Mereka menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan. Mereka khawatir ketinggian air akan terus bertambah hingga malam hari nanti.

Menurut warga Desa Dringu, Samiran (47), banjir Probolinggo tahun ini paling parah jika dibandingkan peristiwa-peristiwa sebelumnya. Sehingga banyak warga menangis histeris dan perlu diungsikan.

"Parah sepertinya banjir kali ini. Terasa arusnya lebih kuat. Saat melawan derasnya arus sepertinya hendak terbawa," jelas Samiran.

"Banyak warga menangis histeris dan perlu dievakuasi ke tempat lebih aman. Kalau sudah seperti ini banjir 4 kali dalam waktu yang berdekatan, membuat warga bangkrut akibat dampak banjir sering terjadi," immbuhnya.

Petugas gabungan BPBD, Tagana, TNI dari Kodim 0820 dan anggota Polres Probolinggo datang dengan kendaraan dan perahu karet. Mereka langsung mengevakuasi lansia, anak-anak dan warga sakit.

Warga dievakuasi ke Kantor Kecamatan Dringu. Petugas dari Forkopimda dan relawan berdatangan untuk membantu evakuasi warga.

Hingga saat ini, ketinggian banjir bervariasi. Bahkan ada yang mencapai 1 meter. Luapan air sungai terus membanjiri perkampungan dan jalan di 2 desa ini.

Lihat Video: Banjir Landa Permukiman Warga di Probolinggo, Ketinggian Air 1,5 Meter

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)