BAZNAS dan Pemkab Banyuwangi Kolaborasi dalam Pemulihan Ekonomi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 17:50 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menggelar silaturahmi dengan jajaran pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Banyuwangi. Ia mengapresiasi kinerja BAZNAS yang terus bersinergi dengan pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan.
Bupati Ipuk menggelar silaturahmi dengan BAZNAS Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Bupati Ipuk Fiestiandani menggelar silaturahmi dengan jajaran pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Banyuwangi. Ia mengapresiasi kinerja BAZNAS yang terus bersinergi dengan pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan.

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut digelar di Pendopo Banyuwangi, Selasa (9/3/2021). Dipimpin Ketua BAZNAS Banyuwangi Lukman Hakim, juga turut hadir Kepala Kemenag Banyuwangi Slamet, serta Kepala Bagian Kesra Setda Banyuwangi M Luqman.

Dalam kesempatan itu, Ipuk menjelaskan, akibat pandemi COVID-19 tantangan ke depan akan lebih berat. Utamanya dalam rangka pemulihan sosial ekonomi masyarakat.

"Untuk itu, saya berharap agar program-program BAZNAS bisa dijalankan sinergis dengan program pemerintah daerah. Tidak hanya yang sifatnya memberikan bantuan, namun juga turut membantu pemulihan ekonomi warga," kata Ipuk kepada detikcom.

"Saya apresiasi kerja BAZNAS yang selama ini keroyokan bareng pemkab berhasil menurunkan angka kemiskinan. Meski tidak kita pungkiri di masa pandemi ini angka kemiskinan di Banyuwangi naik 0,6 persen. Namun dibanding daerah lain angka kenaikan ini relatif kecil," imbuhnya.

Bupati Ipuk lalu menyebutkan sejumlah program 100 harinya yang fokus pada pemulihan ekonomi warga. Khususnya di sektor pertanian dan ketahanan UMKM di masa pandemi ini. Seperti program bagi alat usaha bagi warga, hingga peningkatan warung rakyat. Ipuk meminta kepada BAZNAS agar bisa terlibat dalam penanganan masalah ini.

"Bila memungkinkan, kami berharap BAZNAS bisa menyalurkan infaq dan sedekah yang masuk lewat BAZNAS dalam bentuk bantuan usaha kepada warga. Misal untuk tambahan beli kompor atau memperbaiki warung milik rakyat menjadi lebih layak. Jadi kita tidak memberi umpan, namun kailnya," jelas Ipuk.

Ketua BAZNAS Banyuwangi Lukman Hakim menyatakan siap menjalankan tugas-tugasnya berkolaborasi dengan pemkab. "Kami siap bermitra dengan pemkab untuk menjalankan semua kegiatan sosial yang berkaitan dengan kepentingan mustahik (penerima zakat)," kata Lukman.

"Program-program yang sedang dijalankan akan kita dukung, namun kita juga akan membuat program-program baru yang lebih baik," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2