Percepat Pelacakan COVID-19, Polisi Sumbang Genose ke Pemkab Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 19:20 WIB
Percepat Pelacakan COVID-19, Polisi Pacitan Sumbangkan Genose Ke Pemkab
Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan - Kabupaten Pacitan kini memiliki perangkat baru pendeteksi virus Corona. Ini menyusul diserahkan perangkat jenis Genose dari Kapolres Pacitan ke Bupati Indartato. Upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kota 1001 Gua pun diharapkan lebih cepat dilakukan.

"Sejak semula memang akan kita serahkan ke pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan. Dengan demikian manfaatnya lebih besar bagi masyarakat," kata Kapolres Pacitan, AKBP Wiwit Ari Wibisono saat serahterima di Gedung Graha Bhayangkara, Jl Ahmad Yani, Senin (8/3/2021).

Selama ini, lanjut kapolres, pemeriksaan COVID-19 di Kabupaten Pacitan cukup menelan waktu. Spesimen yang diambil dari pasien harus dikirim ke Surabaya. Hasilnya baru keluar empat hari kemudian. Selama rentang waktu tersebut, tentu saja warga kontak erat harus segera dilakukan pemeriksaan.

"Kalau hasil swab yang dikirim ke lab ternyata positif maka ada kemungkinan yang bersangkutan sudah menularkan ke kontak erat sekitar. Nah, di sinilah Genose diharapkan dapat membantu tracing & testing," tambahnya.

Penyerahan alat tes COVID-19 itu juga disertai seperangkat kelengkapan. Antara lain komputer, mesin pencetak, serta 130 unit kantong plastik alat tiup. Nantinya juga akan menyusul 450 unit kantong plastik lain yang saat ini masih dalam tahap pemesanan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pacitan Indartato berterimakasih kepada kapolres dan jajaran. Bupati dua periode itu pun menyampaikan penghargaan atas prakarsa serta kepedulian kepolisian untuk bersama-sama mengatasi penularan COVID-19 di daerah yang dipimpinnya.

Pak In juga membeberkan bahwa pada Januari lalu angka penderita positif mencapai 1.016 orang. Belakangan tren penularan memang terus menurun. Tentu saja keberadaan perangkat tes berbasis embusan napas tersebut makin mempercepat upaya pelacakan kasus dan penghentian penularan.

"Atas nama pemerintah daerah kami sampaikan terimakasih kepada Bapak Kapolres dan jajaran. Kami siap manfaatkannya (Genose). Semoga Allah melindungi kita semua dan COVID-19 segera berakhir," pungkasnya.

Usai serah terima, perangkat Genose langsung diujicobakan kepada bupati dan forkompimda. Masing-masing mendapatkan kantong plastik transparan untuk ditiup dengan dua kali tarikan nafas. Udara di dalam plastik selanjutnya dianalisa dengan alat khusus. Hasilnya, semua negatif COVID-19. (fat/fat)