Kronologi Mahasiswa UIN Maliki Meninggal Saat Berlatih Silat di Coban Rais

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 17:04 WIB
mahasiswa uin maliki meninggal saat berlatih silat
Coban Rais, Kota Batu (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu -

Seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Kota Malang meninggal saat berlatih silat di Coban Rais, Batu. Mahasiswa tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit, namun jiwanya tak tertolong.

Mahasiswa itu adalah Miftah Rizki Pratama (20), warga Jalan Kota Bandung. Berikut kronologi kejadian versi panitia kegiatan yang diterima detikcom dari Pemangku Hutan Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

Diklat penerimaan anggota UKM pencak silat UIN Maliki diikuti sebanyak 41 orang. Rombongan bertolak dari kampus menuju SMK Mahardika, Karangploso, Kabupaten Malang, Jumat (5/3), pukul 15.30 WIB.

Selanjutnya digelar istigasah dan tahlil. Rombongan kembali berangkat, Sabtu (6/3), sekitar pukul 10.30 WIB, menuju depan obyek wisata Predator Park di kawasan Junrejo, Kota Batu, dengan menumpang sebuah truk.

Dari depan Predator Park, peserta kemudian berangkat menuju Coban Rais dengan berjalan kaki. Setelah sampai Coban Rais, panitia mengumpulkan seluruh peserta diklat.

Pada saat itulah, korban terjatuh dan kemudian dilakukan pertolongan. Panitia kemudian membawa korban menuju RSU Karsa Husada, Kota Batu dengan menggunakan motor.

Selama perjalanan, korban masih dalam kondisi sadar. Setelah sampai di RSU Karsa Husada, korban langsung dibawa menuju IGD. Saat mendapatkan pertolongan medis, korban meninggal dunia.

"Korban ditemukan terjatuh saat dikumpulkan usai tiba di wisata Coban Rais, setelah itu dibawa ke rumah sakit, namun meninggal dalam perawatan," ungkap Kasat Reskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (7/3/2021).

Satreskrim Polres Batu tengah menyelidiki penyebab pasti kematian korban. Hasil pemeriksaan medis juga tengah dinanti untuk mengetahui apakah korban memiliki riwayat sakit atau penyebab lain.

"Kita menunggu hasil pemeriksaan medis, untuk keluarga sudah datang di RS, kami juga sudah menyampaikan untuk dilakukan autopsi, tetapi masih menunggu persetujuan dari keluarga," tegasnya.

Jeifson membenarkan jika korban sebelumnya tengah mengikuti diklat penerimaan anggota baru pencak silat UKM di kampus UIN Maliki. Kegiatan dimulai pada Jumat kemarin dan difokuskan ke obyek wisata Coban Rais.

"Kegiatan diklat pencak silat, korban menjadi salah satu pesertanya. Untuk kegiatan digelar sampai kapan, kami masih menggali keterangan dari panitia," pungkasnya.

Lihat juga Video: Viral Perpeloncoan Mahasiswa UHO, Begini Respons Pihak Kampus

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)