Wali Kota Blitar Nyanyi Joget Tanpa Masker, DPRD: Prokes Tanpa Pengecualian

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 13:25 WIB
viral wali kota blitar nyanyi tanpa prokes
Wali Kota Blitar (batik merah) saat bernyanyi tanpa masker (Foto: Tangkapan layar)
Blitar -

Video Wali Kota Blitar Santoso bernyanyi tanpa masker viral di medsos dan aplikasi percakapan. DPRD Kota Blitar menegaskan protokol kesehatan telah dituangkan dalam berbagai aturan dan berlaku tanpa pengecualian.

Ketua Komisi 3 DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto sangat menyayangkan beredarnya video tersebut. Apalagi Wali Kota Blitar juga menyandang jabatan sebagai Ketua Satgas COVID-19 Kota Blitar. Aturan soal penerapan prokes ini telah dibuat dari pemerintah pusat sampai turun menjadi Perwali.

"Ini sebaiknya menjadi momen instropeksi bersama. Bahwa aturan penerapan protokol kesehatan itu berlaku untuk semuanya. Tanpa ada pengecualian," jawab Totok dihubungi detikcom, Minggu (7/3/2021).

Walaupun Wali Kota Blitar Santoso sudah memberikan klarifikasi, namun Totok menilai masyarakat yang melihat sendiri video berdurasi 4.28 detik tersebut lebih kritis mencermati. Masyarakat bisa memberikan penilaian sendiri, apakah klarifikasi wali kota tersebut sesuai dengan fakta yang tertangkap kamera perekam.

"Satgas COVID-19 juga harus menelusuri, apakah mereka yang diundang itu sebelum masuk ruangan dicek suhu badannya dulu, cuci tangan dulu dan lain sebagainya. Kalau pas nyanyi dan joget kan keliatan gak menjaga jarak. Banyak yang tidak pakai masker walaupun ada juga yang tetap pakai," imbuhnya.

Dengan regulasi yang jelas dan tegas, Totok juga menandaskan ada pasal-pasal sanksi yang diterapkan. Ini sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Ini kan masalah etik ya. Kembali kepada kesadaran masing-masing. Kalau ada yang melanggar aturan, sepatutnya sanksi juga diterapkan," tandasnya.

Menyikapi masalah ini, Totok sebagai anggota dewan menyerahkan sepenuhnya penanganan kepada Satgas COVID-19 Kota Blitar. Dengan harapan, semua bisa belajar menyikapi dengan adil dan bijaksana.

"Saya tidak menyerang siapa-siapa ini. Masyarakat sudah bisa lihat sendiri fakta yang terekam seperti apa. Apalagi kalau dikaitkan tendensi politik, waduh sama sekali tidak. Kami sudah satu visi misi memajukan bersama Kota Blitar tercinta," pungkas politikus dari PKB ini.

Lihat juga Video: Benarkah Usai Vaksinasi Masyarakat Bisa Hidup Normal Tanpa Masker?

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)