Wali Kota Blitar Bantah Nyanyi dan Jogetnya yang Tanpa Masker Langgar Prokes

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 12:18 WIB
viral wali kota blitar nyanyi tanpa prokes
Wali Kota Blitar Santoso (batik merah) bernyanyi tanpa masker (Foto: Tangkapan layar)
Blitar - Viral video Wali Kota Blitar Santoso menyanyi dan berjoget tanpa masker. Santoso mengakui kebenaran video itu, namun membantah jika dibilang melanggar protokol kesehatan.

Santoso mengatakan video itu diambil saat syukuran pelantikan dirinya sebagai Wali Kota Blitar periode 2021-2024. Acara itu berlangsung di Gedung Balai Kota Kusumo Wicitro, Jumat (26/2).

"Saya ingin dalam rangka makannya itu biar lebih bersemangat gitu, akhirnya ada elekton yang saya persembahkan," kata Santoso dikonfirmasi detikcom, Minggu (7/3/2021)

Santoso menolak jika dikatakan acaranya itu melanggar protokoler kesehatan. Dia berdalih, selain membatasi jumlah undangan, acara itu telah berakhir sebelum pukul 22.00 WIB.

"Ya. Jadi protokoler tetap kita perhatikan. Saya hanya undang sekitar 30 hingga 40 orang relawan hadir dalam acara tersebut. Dan itu pun kita batasi, tidak lebih dari jam 10 malam," pungkas Santoso.

Video dengan durasi 4.28 menit ini menggambarkan Wali Kota Santoso menyanyi diatas panggung tanpa memakai masker. Di belakangnya, tampak tiga biduanita juga tanpa memakai masker. Santoso yang berbaju batik, terdengar menyanyikan sebuah lagu dangdut berjudul Kehilangan.

Si pengambil gambar juga menggeser kameranya ke kiri sehingga tampak jelas sekitar 10 orang ikut berada di atas panggung. Tak ada satupun dari mereka yang memakai masker. Mereka berjoget berdekatan, bahkan sempat Santoso berangkulan dengan seorang pria berbaju batik di samping kirinya.

Pada detik ke-30, dua orang perempuan menyusul naik ke panggung, satu berkaos hitam dan satunya lagi berhijab biru. Yang berkaos hitam berambut panjang kemudian berduet dengan Santoso.

Santoso kemudian berbalik ke belakang menghampiri tiga perempuan yang berjoget di belakangnya. Ia memberikan beberapa lembar uang.

Santoso juga nyawer kepada perempuan yang sempat berduet bersamanya. Dengan girang, perempuan berkaos hitam rambut panjang itu lalu menciumi beberapa lembar uang kertas biru yang diterimanya dan mengangkat tinggi-tinggi lembaran uang itu.

Sementara tepat di bawah panggung, tampak kerumunan orang ikut bernyanyi dan berjoget bersama. Mereka berdekatan bahkan berhimpitan saat kejadian itu. Sebagian tetap memakai masker, namun lebih banyak yang melepasnya dibawah dagu dan ada yang tidak memakai.

Tonton juga Video "Gubernur Bali: Turis Asing Tanpa Masker Tidak Dilayani":

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)