Kronologi Truk Dilempar Batu dan Besi Oleh Petugas Kemenhub di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 14:34 WIB
Video truk dilempar batu dan besi oleh petugas Dinas Perhubungan Pasuruan viral. Bagaimana kronologinya?
Lokasi peristiwa truk dilempar batu di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Video truk dilempar batu dan besi oleh petugas jembatan timbang Kemenhub di Pasuruan viral. Bagaimana kronologinya?

Peristiwa itu terjadi di Jembatan Timbang Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Beberapa petugas jembatan timbang melempar truk dengan tongkat besi dan batu hingga kaca depan samping kiri pecah. Sopir merekam kejadian itu dan mengunggahnya ke media sosial hingga viral.

Kapolsek Nguling AKP Zudianto membenarkan kejadian itu di Jembatan Timbang Sedarum, Nguling. Ia mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

"Pada awalnya 4 orang petugas sedang berjaga di depan pintu masuk jembatan timbang. Kemudian dari arah barat melintas truk warna kuning dan diarahkan oleh petugas untuk masuk ke dalam jembatan timbang guna pengecekan kelengkapan dan muatan," kata Zudianto, Sabtu (6/3/2021).

Namun, sopir truk tetap melaju dan hampir menabrak petugas jembatan timbang Kemenhub di Pasuruan. Salah satu petugas secara spontan menghindar sambil melemparkan pegangan bendera merah yang biasanya digunakan untuk memperlambat kendaraan yang terbuat dari besi ke arah truk.

"Truk hendak dimasukkan ke jembatan timbang, mokong (bandel), tambah digas (tancap gas). Mungkin mau menyerempet petugas akhirnya apa yang dipegang refleks dilempar. Ada juga yang lempar batu," terang Zudianto.

Truk kemudian berhenti sebelah timur jembatan timbang kemudian merekam dan video disebarluaskan di media sosial.

Beberapa saat setelah kejadian, sejumlah sopir truk lain mendatangi lokasi. Pihak polsek dan anggota polantas terjun ke TKP untuk mengendalikan situasi.

"Beberapa sopir truk lain mendatangi lokasi. Tapi petugas sigap," terang Zudianto.

Video berdurasi 21 detik menunjukkan 4 petugas berjalan dari arah jalan raya menuju arah kantor jembatan timbang. Perekam video menyebut 4 petugas itu telah melakukan pelemparan truknya.

Di video berdurasi 6 detik, sopir berusaha merekam wajah-wajah petugas di dalam kantor jembatan timbang. Sopir seperti ingin menunjukkan bahwa para petugas itu telah melakukan pelemparan. Beberapa petugas berlalu saat direkam, sedangkan seorang petugas marah, meminta sopir mematikan kamera.

Dalam video truk dilempar batu berikutnya yang berdurasi 25 detik, perekam membeberkan kejadian yang menimpanya. Ia merekam besi yang menancap di bak truk hingga pecahan kaca depan.

Simak juga 'Beraksi di 30 TKP, 4 Pemalak Sopir Truk dengan Sajam Diamankan Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)