Round-Up

Penemuan 31 Benda Pusaka Berujung Mimpi Ditenggelamkan di Laut Pantai Selatan

Nurhadi Wicaksono - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 10:40 WIB
Lumajang -

Seorang bocah 12 tahun di Lumajang menemukan diduga benda pusaka. Ada 31 benda pusaka yang ditemukan. Namun bocah bernama Sholeh Hadi tersebut tak mau memilikinya. Apa sebabnya?

Sholeh menemukan benda berwarna kuning keemasan itu di pekarangan tetangganya bernama Didik. Dia pertama kali menemukan benda pusaka itu pada Rabu (24/2). Saat itu Sholeh sedang bermanin bersama dua temannya, Aldo dan Rehan.

Saat bermain, Sholeh tiba-tiba melihat sebuah benda tertancap di tanah. Dia kemudian menemukan benda serupa di sekitarnya.

benda pusakaFoto: Nurhadi Wicaksono

"Saya saat itu bermain di pekarangan, tiba tiba saya melihat benda tertancap di tanah sehingga saya ambil. Ternyata di sekitar lokasi ada 8. Selang beberapa hari saya pas sore dan malam juga menemukan hingga terkumpul sekitar 31 benda itu," ujar Sholeh kepada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Benda pusaka tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti keris, semar, cambuk, dan patung. Keluarga Sholeh pada akhirnya menyerahkan benda tersebut kepada Pemerintah Desa Selok Awar Awar.

Keluarga enggan menyimpan dan menyerahkan temuan itu ke pemerintah desa karena ada sebabnya. Usai menemukan benda itu, Sholeh sempat bermimpi jika ia ditenggelamkan di laut pantai selatan.

benda pusakaFoto: Nurhadi Wicaksono

"Barang yang ditemukan ini diserahkan kepada pemerintah desa Selok Awar Awar karena bermimpi anaknya ditenggelamkan di laut pantai selatan," ujar Kepala Desa Selok Awar Awar Didik Nurhandoko.

Pemerintah Desa sendiri akan berkoordinasi dengan museum purbakala dan budaya Kabupaten Lumajang mengenai penemuan benda pusaka tersebut.

"Kami akan berkordinasi dengan museum purbakala dan budaya Kabupaten Lumajang mengenai benda benda yang ditemukan tersebut," kata Didik.

(iwd/iwd)