Dilan, Inovasi Baru Edukasi Tertib Lalin via Daring untuk Pelajar Sidoarjo

Suparno - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 08:48 WIB
polresta sidoarjo
Dilan, edukasi tertib lalin kepada pelajar lewat daring (Foto: Dok. Polresta Sidoarjo)
Sidoarjo -

Satlantas Polresta Sidoarjo terus berinovasi mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas. Kali ini menghadirkan DIkmas Lantas dariNg (Dilan).

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Wikha Ardilestanto mengatakan, program ini merupakan edukasi tertib berlalu lintas secara daring, ke semua pelajar di wilayah Sidoarjo mulai dari SMP hingga SMK, atau SMA.

"Dilan merupakan edukasi tertib berlalu lintas secara daring. Sistem tersebut cukup unik, karena para pelajar dapat mengikuti secara visual materi yang diberikan anggota Satlantas. Hal tersebut membuat mereka antusias mengikutinya," kata Wikha kepada detikcom, Jumat (5/3/2021).

Dalam edisi perdana, satlantas menggandeng para pelajar SMKN 1 Buduran. Host dibawakan oleh Bripka Graita Raga dengan santai diselingi humor. Sedangkan Dilan diperankan Kanit Dikyasa Ipda Kharisma Afriansyah.

"Kegiatan Dilan ini inovasi dari kami untuk menghibur para pelajar yang sementara waktu harus belajar di rumah. Untuk menghilangkan kebosanan mereka, sehingga mereka kembali bersemangat sekaligus mengajak mereka tertib berlalu-lintas," tambahnya.

Mantan Kasat Lantas Gresik ini menjelaskan, bentuk pelanggaran lalu-lintas yang sering dilakukan warga maupun pelajar di antaranya, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu kendaraan, melawan arus, melanggar rambu lalu-lintas. Selain itu, menggunakan kendaraan modifikasi yang tidak memperhatikan aspek keselamatan serta tidak memasang spion kendaraan.

"Yang jelas Dilan ini merupakan ajakan para siswa untuk tidak melanggar aturan berkendara yang baik," jelasnya.

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Sidoarjo, Ipda Afriansyah mengatakan berinteraksi dan mengimbau kepada semua pelajar agar tertib berlalu-lintas baik saat berangkat atau pulang sekolah maupun saat berpergian.

"Edukasi seperti ini akan digelar oleh Satlantas Polresta Sidoarjo secara rutin. Tentu dengan tema lain yang lebih menarik," kata Afriansyah.

Ke depannya, jelas dia, kegiatan ini akan dilakukan setiap bulannya dua kali di hari Rabu awal dan ahkir bulan. Selain itu akan dilakukan ke kelompok masyarakat, dengan harapan angka kecelakaan di Sidoarjo ini menurun. Data laka lantas di Sidoarjo saat ini di dominasi kaum pekerja swasta dan pelajar.

"Selain pelajar nanti ke depan juga dilakukan ke komunitas remaja dan ke masyarakat yang lain. Sudah pernah sekali dilakukan ke kelompok masyarakat, yang mengikuti daring sangat antusias," tandas Afriansyah.

(fat/fat)