Vaksinasi COVID-19 Lansia Surabaya Dilanjutkan Setelah Sempat Terhenti

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 21:07 WIB
Kadinkes Surabaya Febria Rachmanita
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita/Foto file: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Surabaya sempat terhenti pada Rabu (3/3) karena kekurangan vaksin. Namun hari ini vaksinasi sudah berjalan lagi.

"Kemarin itu memang saya sekalian sampaikan bahwa vaksinasi bagi lansia sempat terhenti untuk di beberapa Puskesmas, karena vaksinnya sudah habis. Kemarin sore sudah datang sehingga hari ini sudah mulai kembali pelayanan lansia. Hari ini juga dari Jakarta sudah berangkat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita di Balai Kota, Kamis (4/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan yang akrab disapa Fenny menambahkan, hari ini vaksin dikirim dari Jakarta dan Jumat (5/3) sudah tiba di Surabaya. Sehingga vaksinasi COVID-19 tahap dua ini bisa lanjutkan.

"Kemarin kita dikasih 1.000 untuk 10.000 sasaran, cukup untuk 2-3 hari ini vaksin lansia. Dari stok pemprov kemudian hari ini berangkat dari Jakarta," ujarnya.

Namun ia belum mengetahui jumlah vaksin yang akan diterima Surabaya besok. Tetapi yang jelas, Jatim akan menerima sekitar 50 ribuan vial.

Fenny juga mengatakan, Surabaya masih kurang banyak vaksin COVID-19 untuk lansia. Pasalnya, dari 253.751 lansia di Surabaya, yang sudah vaksinasi COVID-19 baru sekitar 90 ribu.

"Artinya kan masih banyak atau baru 30 persen kita vaksin. Berati masih 70 persen lansia yang belum kita vaksin," jelasnya.

Ia menjelaskan, vaksin Sinovac ini disebar di Puskesmas dan di rumah sakit. Baik faskes yang ada atau pun massal. Untuk pendataan, sudah dilakukan oleh Puskesmas secara teratur dan semua memberi tahu lewat RT/RW.

"Masing-masing Puskesmas atau rumah sakit sudah ada data secara nama dan alamat. Sehingga mereka datang dan jam berapa ke rumah sakit sudah ada," pungkasnya.

Lihat Video: Layanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru untuk Lansia Resmi Beroperasi

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)