Prarekonstruksi Pembunuhan Pemilik Toko di Blitar, Pelaku Jalani 27 Adegan

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 14:19 WIB
pembunuhan di blitar
Adegan pelaku memukul korban dengan gagang cangkul (Foto: Istimewa)
Blitar -

Polisi menaikkan status Dwi Kusuma Yuda sebagai tersangka kasus pencurian dengan kekerasan. Penetapan status sebagai tersangka setelah konstruksi olah TKP sesuai dengan keterangan dan gambaran yang disampaikan dalam prarekonstruksi.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela memimpin langsung jalannya prarekonstruksi Rabu (3/3) malam. Ada sekitar 27 adegan yang diperagakan Yuda mulai dari masuk toko, mengambil uang, dan melakukan pembunuhan kepada Bisri Efendi (71) sang pemilik toko.

"Penyidik menggelar prarekonstruksi untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan awal. Dari itu semua, penyidik sudah menetapkan sebagai tersangka," kata Leo dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Menurut Leo, penyidik sudah memiliki gambaran perbuatan yang dilakukan tersangka. Mulai dari masuk TKP, bersembunyi, mengambil uang dan melakukan kekerasan hingga korban tewas di lokasi kejadian.

"Apa yang disampaikan di prarekon sesuai dengan olah tkp dengan barang bukti. Prarekonstruksi ada 27 adegan utama, mulai dari pelaku ambil uang, sampai menganiaya korban," terangnya.

Apakah Yuda telah merencanakan aksi kejinya ini, Leo menjawab pihaknya masih terus mengembangkan apakah adanya rencana pembunuhan terhadap korban.

"Kami masih terus dalami, masih menyelidiki penyebab pelaku menganiaya korban. Karena korban belum tidur saat pelaku beraksi," ungkapnya.

Leo menambahkan, proses yang dilakukan cukup lama. Tersangka masuk sekitar pukul 17.00 WIB dan sekitar pukul 02.00 dinihari. Polisi juga telah menemukan barang yang digunakan tersangka untuk menganiaya korban. Yakni menggunakan gagang cangkul

"27 adegan dalam prarekonstruksi ini memberikan gambaran kepastian di lokasi pasca meminta keterangan dari yang bersangkutan," pungkas Leo.

Simak juga Video: Kasus Pembunuhan Wanita Terbungkus Plastik di Bogor Masih Misterius

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)