Dua Sungai Meluap, Permukiman dan Jalur Pantura Kota Pasuruan Banjir

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 21:59 WIB
banjir di pasuruan
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Hujan lebat di Pasuruan sejak siang menyebabkan Sungai Gembong dan Sungai Petung meluap. Luapan dua sungai ini menyebabkan banjir di sejumlah kelurahan di Kota Pasuruan. Jalur Pantura juga terendam.

Berdasarkan pantauan detikcom, Rabu (3/3/2021) malam, banjir terjadi di Kelurahan Petamanan dan permukiman di Jalan Diponegoro. Selain itu beberapa titik juga terlihat genangan, antara lain di Jalan Jawa. Banjir di lokasi ini akibat luapan Sungai Gembong.

Banjir juga terjadi di Kelurahan Blandongan, Krampyangan, dan Sekargadung. Banjir di tiga titik ini akibat luapan Sungai Petung.

"Di Kelurahan Petamanan, beberapa warga mengevakuasi barang-barang ke tempat aman, antara lain ke Gedung SMK Salahuddin," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi.

Samsul mengatakan, hingga pukul 21.30 WIB, belum ada warga yang mengungsi. "Semoga air segera surut," imbuhnya.

Selain merendam permukiman, banjir merendam beberapa ruas jalan. Jalan Patiunus ditutup warga karena banjir.

Banjir juga merendam jalur pantura tepatnya di sekitar Jembatan Buk Wedi Jalan Veteran. Semua kendaraan dari arah Probolinggo diarahkan ke Jalur Lingkar Selatan, sedangkan dari Surabaya tetap melintas meski merambat.

"Ketinggian air di sekitar Buk Wedi mencapai 30 sentimeter," terang Yulianto, Pengawas Angkutan Jalan dan Terminal UPT LLAJ Probolinggo Dishub Jatim.

Lihat juga Video: Banjir Bikin Pelajar di Lamongan Terpaksa Naik Perahu ke Sekolah

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)