Setahun Corona, Wagub Emil Upayakan Kebangkitan Ekonomi Agar Tak Kontraksi

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 20:50 WIB
wagub emil
Wagub Emil Dardak (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Pandemi COVID-19 telah terjadi selama 1 tahun di Indonesia setelah kasus pertama terkonfirmasi di Depok pada 2 Maret 2020. Virus kemudian menyebar, dan kasus pertama COVID-19 di Jawa Timur tercatat pada 17 Maret 2020.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan Pemprov akan terus berupaya untuk segera membangkitkan ekonomi yang selama setahun Corona mengalami kontraksi.

"Kita patut bersyukur satu tahun pandemi berlalu melalui semangat gotong royong untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan membangkitkan kembali ekonomi kita," ujar Emil di Surabaya, Rabu (3/3/2021).

Emil menyampaikan duka yang mendalam terhadap korban jiwa akibat pandemi COVID-19. Terkhusus di Jatim, ada 9.212 pasien COVID-19 yang meninggal dunia.

"Tentu kita sangat berduka atas korban jiwa akibat COVID-19 dan juga kerugian ekonomi yang dialami masyarakat," imbuhnya.

Menurut Mantan Bupati Trenggalek ini, pandemi COVID-19 membuat masyarakat semakin sadar untuk menjaga kesehatan. Selain itu, masyarakat juga lebih memanfaatkan teknologi dalam menjalankan aktivitasnya.

Pemanfaatan teknologi, lanjut Emil juga menjadi bagian penting dalam mempercepat perubahan di masa depan.

"Pandemi ini menyadarkan kita juga untuk pentingnya menjaga kesehatan, lebih meningkatkan sistem kesehatan, sistem ketahanan sosial, dan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari," jelas suami Arumi Bachsin ini.

"Tren dunia terkait pemanfaatan teknologi ini diprediksi butuh waktu yang lebih lama namun dengan adanya pandemi ini mampu mengakselerasi seperti teknologi video conference, ini mempercepat perubahan sehingga harus tetap kita dorong," lanjutnya.

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini memperkirakan ada perbaikan ekonomi di Jatim pada triwulan pertama 2021.

"Kita juga bisa melihat kebangkitan ekonomi kita semakin nyata, dengan melihat tren terutama di triwulan ketiga dan keempat tahun 2020 semoga di triwulan pertama 2021 ini akan lebih baik lagi," tandasnya.

(iwd/iwd)