Tutur Paman dari Seorang Terduga Teroris di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 17:26 WIB
Tiga terduga teroris diringkus Densus 88 Antiteror di Bojonegoro pagi tadi. Salah satunya YP (40) yang tinggal di Jalan Raya Kuncen, Desa Kuncen, Padangan.
Tempat tinggal terduga teroris, YP (40) di Bojonegoro/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Bojonegoro -

Tiga terduga teroris diringkus Densus 88 Antiteror di Bojonegoro pagi tadi. Salah satunya YP (40) yang tinggal di Jalan Raya Kuncen, Desa Kuncen, Padangan.

Paman dari YP, Agus membeberkan soal keseharian terduga teroris itu. Menurutnya, YP merupakan anggota dari kelompok pengajian Al-Amin. Selama ini YP dikenal hangat dan santun pada warga sekitar.

Menurutnya, setiap pagi dan siang, YP membuka warung jamu herbal, servis senapan angin, dan latihan menembak atau berburu bersama rekan-rekannya.

"YP ini jujur saja keponakan saya. Sudah berkali-kali saya nasihati tapi tetap saja nggak mau didengar. Dia ini tiap hari ditugasi antar jemput anak-anak ke sekolah milik Al-Amin, pakai mobil. Ini tadi infonya pas diamankan habis ngantar. Dia juga punya usaha jualan herbal, servis senapan angin. Kadang latihan nembak bersama temannya," terang Agus kepada detikcom, Selasa (2/3/2021).

Agus juga menuturkan, meski terduga teroris itu merupakan keponakannya, dia tak tahu urusan pribadinya. Bahkan nama istri YP saja dia tidak tahu.

"Waduh ndak tau nama istrinya. Kalau asalnya Solo. Orangnya tertutup, wajahnya ditutupi kalau keluar rumah. Jarang sekali bergaul dengan tetangga," tutur Agus.

Sementara salah seorang tetangga YP, Suryanto mengatakan, YP dikenal hangat dan banyak teman. Terlebih, YP membuka servis senapan angin.

"Baik kalau Mas YP. Buka servis senapan angin dilihat juga banyak yang dandan (servis). Cuma ini tadi banyak yang kaget kok pagi-pagi didatangi polisi banyak," jelas Suryanto.

Pagi tadi, Densus 88 meringkus 3 terduga teroris di tiga lokasi berbeda di Bojonegoro. Mereka yakni YP (40), EP (29) dan YT (39).

(sun/bdh)