Balap Liar di Tulungagung Dibubarkan, Remaja Kabur hingga Tabrak Mobil Polisi

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 12:08 WIB
Polisi Tulungagung mengamankan puluhan kendaraan dan remaja yang diduga terlibat balap liar. Aksi balap liar itu terjadi di Jembatan Ngujang 2.
Polisi Tulungagung mengamankan puluhan kendaraan dan remaja yang diduga terlibat balap liar/Foto: Istimewa
Tulungagung -

Polisi Tulungagung mengamankan puluhan kendaraan dan remaja yang diduga terlibat balap liar. Aksi balap liar itu terjadi di Jembatan Ngujang 2.

Dalam penindakan balap liar itu, para pelaku dan penonton berusaha kabur. Akibatnya sempat terjadi tabrakan dengan mobil polisi.

Kasat Lantas Polres Tulungagung Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, jumlah kendaraan yang diamankan terdiri dari 31 sepeda motor dan dua mobil.

"Kami juga mengamankan sebanyak 65 orang yang ada di lokasi balap liar. Sekarang masih dimintai keterangan," kata AKP Aristianto, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, aksi balap liar itu terjadi pada dini hari tadi di kawasan Jembatan Ngujang 2, Kecamatan Ngantru. Saat itu polisi yang tengah patroli mendapati adanya kerumunan warga di sekitar jembatan.

"Ternyata setelah kami cek ada balap liar, akhirnya kami lakukan penindakan," ujarnya.

Petugas langsung bergerak cepat untuk membubarkan aksi balap liar dengan mengamankan kendaraan. Pelaku serta penonton yang ada di sekitar lokasi juga diamankan.

Saat dilakukan tindakan oleh aparat kepolisian, ratusan orang yang ada di sekitar lokasi semburat kabur dan berusaha melarikan diri. Akibatnya sempat terjadi kecelakaan lalu lintas. Mobil polisi ditabrak oleh mobil warga.

Seluruh kendaraan dan warga yang berada di lokasi balap liar digiring ke Polres Tulungagung, untuk menjalani pemeriksaan dan pemberian sanksi. Yakni berupa penilangan.

"Untuk yang insiden kecelakaan masih dilakukan pemeriksaan tersendiri. Yakni terkait unsur kesengajaan menabrak mobil petugas," jelasnya.

Aris menambahkan, selain balap liar dan insiden kecelakaan, polisi juga tengah mendalami dugaan aksi perjudian dalam balap liar tersebut. "Masih didalami," imbuhnya.

Kasat Lantas melanjutkan, puluhan warga yang diamankan tersebut rata-rata masih remaja. Bahkan ada yang kelas 6 SD. Mereka berasal dari Tulungagung dan Blitar.

Simak juga video 'Heboh Balap Lari Liar, Polisi: Bisa Kita Kenakan Pasal':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)