Lagi Asyik Balap Liar, 19 Remaja di Ponorogo Diamankan Lalu Ditilang

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 21:29 WIB
Belasan remaja di Ponorogo menggelar balap liar. Satlantas Polres Ponorogo akhirnya menilang mereka.
Balap liar di Ponorogo/Foto: Istimewa
Ponorogo -

Belasan remaja di Ponorogo menggelar balap liar. Satlantas Polres Ponorogo akhirnya menilang mereka.

Kaur Binops Satlantas Polres Ponorogo Iptu Saiful Bahri menjelaskan, awalnya ada laporan masyarakat soal balap liar di Jalan Baru Kemuning, Sambit. "Kami datang ke TKP sekitar pukul 17.00 WIB, ternyata benar ada balap liar," kata Saiful kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Saiful menjelaskan, ada 19 pemotor yang diamankan beserta barang bukti 19 sepeda motor. Mereka mendapat sanksi tilang agar jera.

"Kami tilang dan kami amankan BB-nya ke mapolres," imbuh Saiful.

Sementara Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Indra Budi Wibowo menuturkan, pihaknya khawatir dengan adanya balap liar tersebut. Terlebih, mereka tidak memakai masker sehingga bisa menjadi klaster penyebaran COVID-19.

"Jadi kami amankan, imbau dan disanksi tilang supaya mereka jera. Karena kami tahu, Ponorogo saat ini zona merah. Khawatir terjadinya penularan COVID-19," papar Indra.

Lokasi yang sering dijadikan tempat balap liar, lanjut Indra, yakni Jalan Alun-alun, Jalan Juanda hingga Jeruk Sing dan Jalan Kemuning, Sambit. Sebagian besar sepeda motor yang digunakan tidak sesuai spesifikasi. Selain menggunakan knalpot brong, tanpa plat nomor juga tanpa spion.

"Kendaraan bisa diambil setelah sidang tilang dan pemilik wajib memasang kelengkapan kendaraan sesuai spesifikasi," pungkas Indra.

(sun/bdh)