Ratusan Tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jatim Divaksin COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 13:59 WIB
172 Tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jatim Divaksin COVID-19
Vaksinasi Muhammadiyah dan Aisyiyah Jatim (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Sebanyak 172 tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Timur menerima vaksin COVID-19 perdana. Kegiatan itu digelar karena PW Muhammadiyah Jatim ingin turut serta menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah.

"Hari ini ada 172 tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jatim yang ikut program vaksinasi ini," kata Ketua panitia pelaksana vaksinasi Muhammadiyah Jawa Timur, Sukadiono kepada detikcom, Senin (1/3/2021).

Menurut Sukadiono, ada tujuan utama dalam kegiatan vakisinasi yang digelar di gedung Muhammadiyah Jatim di Jalan Kertomenanggal IV ini. Pertama, Muhammadiyah ingin menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah.

"Kita ingin menyukseskan program pemerintah untuk target 180 juta vaksinasi untuk penduduk Indonesia," ujar pria yang juga menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) itu.

Adapun yang kedua, lanjut Sukadiono, pelaksanaan vaksinasi itu juga sebagai contoh sekaligus sosialisasi kepada maayarakat khususnya warga Muhammadiyah. Sebab vaksin dari pemerintah tidak berbahaya dan aman.

172 Tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jatim Divaksin COVID-19172 Tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jatim Divaksin COVID-19/ Foto: Amir Baihaqi

"Kita ingin memberi contoh pada masyarakat sekaligus memberi edukasi dalam arti vaksin ini tidak berbahaya, justru banyak manfaatnya dalam menambah kekebalan di dalam tubuh kita," terang Sukadiono.

"Dengan kekebalan yang ada di dalam tubuh setelah divaksin diharapkan bisa mencegah penularan COVID-19," imbuh pria yang juga menjabat bendahara PW Muhammadiyah Jatim itu.

Menurut Sukadiono, vaksin yang didapat merupakan bantuan dari pemerintah setempat. Sedangakan untuk vaksinator dan tenaga medis berasal dari rumah sakit Muhammadiyah sendiri.

"Kita kerjasama dengan Dinkes Provinsi Jatim dan Pemkot Surabaya maka (jatah) vaksin ini dari sana. Sesuai dengan jumlah yang kita ajukan melalui Dinkes Provinsi Jatim," tuturnya.

"Kemudian untuk vaksinatornya kita ada ada tenaga dari rumah sakit Muhammadiyah. Dan vaksinator ini sudah profesional dan sudah tersertifikasi. Sehingga layak memberikan vaksin," tambah Sukadiono.

Simak video 'Serba-serbi Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan dan Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)