Terseret Ombak, Seorang Pemancing di Banyuwangi Hilang di Pantai Poncomoyo

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 21:32 WIB
Terseret Ombak, Seorang Pemancing di Banyuwangi Hilang di Pantai Poncomoyo
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Seorang pemancing dilaporkan hilang terseret ombak saat memancing di kawasan Pantai Poncomoyo, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran. Tim SAR Gabungan berupaya mencari korban. Namun, hingga pencarian pada Minggu (28/2/2021) sore ini, keberadaan korban yang diduga tenggelam di laut masih belum juga membuahkan hasil.

Kejadian hilangnya pemancing ini diketahui terjadi hari ini. Korban bersama rekannya memancing di sekitar perairan Pantai Poncomoyo, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran.

Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setia Budi menjelaskan, hilangnya korban pertama kali dilaporkan kepala desa setempat.

Dari data yang diperoleh, korban hilang diketahui bernama Riyono alias Mehong (50) warga Desa/Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Korban pergi memancing ke kawasan Pantai Poncomoyo, bersama dua orang rekannya bernama Gunawan dan Agus sekitar pukul 06.00 WIB, Minggu pagi.

Saat sedang asyik memancing di tepi pantai, ombak besar tiba-tiba menghantam korban. Korban tidak bisa menghindari ombak besar yang menghantamnya datang secara tiba-tiba.

"Iya benar ada laporan pemancing hilang di Pantai Poncomoyo, korban memancing bersama dua orang rekannya. Sekitar pukul 09.00 ombak tiba-tiba menghantam korban hingga terseret ke tengah laut," kata Wahyu kepada wartawan.

Mengetahui rekannya hanyut terseret gelombang, Agus dan Gunawan sempat mencari korban. Namun upaya ini tidak kunjung membuahkan hasil. Dua teman korban langsung melaporkan kejadian yang menimpa rekannya ke pihak perangkat desa setempat.

Warga sekitar yang mengetahui musibah laut ini juga sempat melakukan pencarian, namun upayanya juga tidak membuahkan hasil.

"Mulai pukul 10.30 WIB warga dan nelayan sekitar sempat melakukan pencarian. Namun hingga pukul 15.00 WIB, keberadaan masih belum ditemukan. Hilangnya korban ini langsung dilaporkan kepada Tim SAR," tambah Wahyu.

Hingga kini, Tim SAR Gabungan masih terus melakukan upaya pencarian terhadap hilangnya seorang pemancing ini. Basarnas juga telah berkoordinasi dengan Satpol Air Grajagan, TNI AL, pihak polsek hingga Relawan untuk melakukan upaya pencarian.

"Kita fokus mencari korban di sekitar titik koordinat hilangnya korban dulu. Akan kita kerahkan water rescue dan peralatan SAR lainnya. Doanya semoga korban segera ditemukan," pungkas Wahyu. (fat/fat)