Pemancing di Sungai Serayu Banjarnegara Temukan Granat Nanas Aktif

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 14:08 WIB
Tim Jibom menjinakkan granat nanas yang ditemukan di tepi Sungai Serayu Banjarnegara, Selasa (9/2/2021)
Tim Jibom menjinakkan granat nanas yang ditemukan di tepi Sungai Serayu Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Sebuah granat nanas aktif ditemukan di tepi Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bahan peledak ini ditemukan oleh pemancing di sekitar lokasi tersebut.

"Awalnya ditemukan oleh warga yang tengah mancing pada hari Minggu (7/2) kemarin. Awalnya warga mengira batu biasa kemudian diambil. Setelah diteliti akhirnya mereka mengetahui jika itu granat dan melaporkan kepada kami," ujar Kabag Ops Polres Banjarnegara Kompol Sardoyo saat melihat granat di tepian sungai Serayu Desa Bantarwaru, Kecamatan Madukara, Selasa (9/2/2021).

Sardoyo mengatakan untuk mengamankan granat itu, pihaknya langsung merendam granat di dalam tong yang berisi air dan pasir. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan tim Detasemen Jinak Bom Gegana Polda Jawa Tengah.

"Untuk mengantisipasi granat itu meledak, kami taruh di tong yang sudah diisi air dan pasir. Kami juga memasang garis polisi agar warga tidak mendekat. Hari ini tim Gegana Polda Jateng ke lokasi untuk penanganan," terangnya.

Perwira Pengendali Sub Datasemen Jinak Bom Gegana Iptu Miftahul Huda menambahkan granat tangan jenis nanas itu masih aktif. Agar tidak membahayakan, granat tersebut lalu diledakan.

"Ini merupakan granat tangan jenis nanas yang masih aktif. Agar tidak membahayakan akhirnya kita ledakan. Karena disimpan pun berbahaya, karena sudah rusak dan berkarat," jelasnya.

Dia menduga granat tersebut merupakan peninggalan perang dunia kedua. Meski di bagian luar sudah berkarat, namun masih aktif.

"Usia granat ini merupakan peninggalan perang dunia kedua. Di sisi luar sudah rusak dan berkarat tetapi di dalamnya masih aktif. Dan benar, masih bisa meledak," kata Miftahul.

Miftahul mengimbau kepada warga untuk tidak memegang jika menemukan benda serupa. Sebaiknya, warga langsung melapor kepada petugas untuk penanganannya.

"Kepada warga kalau nantinya melihat ada granat langsung lapor saja. Jangan dipegang-pegang," pesannya.

Lihat juga Video: Penemuan Granat Nanas Gegerkan Warga Tambaksari

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)