BMKG: Beberapa Daerah Jatim Masih Hujan Merata, Waspada Potensi Banjir

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 10:20 WIB
BMKG Klas I Juanda Surabaya
Foto: Istimewa BMKG
Surabaya - Buat yang mau menikmati akhir pekan, yuk simak dulu prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda. BMKG Juanda mengeluarkan prakiraan cuaca untuk hari ini, Minggu (28/2) untuk kabupaten/kota di Jawa Timur. Sejumlah daerah diperkirakan turun hujan lebat disertai angin dan petir.

"Waspadai hujan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa kabupaten/kota," ujar Teguh Tri Susanto, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda dalam keterangannya, Minggu (28/2/2021).

Menurut Teguh, ada beberapa daerah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Yakni di Kota Kediri, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kota Batu.

Selain itu, lanjut Teguh, ada sejumlah daerah yang diperkirakan juga diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Seperti di Kota Surabaya, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kota Malang, Kabupaten Malang, Jember, Banyuwangi, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Jombang, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik (termasuk Pulau Bawean), Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan.

Secara umum, Teguh menyampaikan, hujan akan turun merata di Jatim. Namun, intensitasnya yang berbeda di masing-masing daerah.

Sementara, BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di beberapa daerah di Jatim.

Ada beberapa daerah yang masuk potensi banjir dengan status waspada, yakni Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Kediri, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi.

So detikers Jatim, bagi yang mau menikmati weekend ini, tetap hati-hati ya, karena cuaca sedang tidak bersahabat. Jangan lupa bagi pengendara roda dua, bawa jas hujan ya! Oh ya, sedia payung sebelum hujan ya guys!

Simak video 'Prakiraan Cuaca 26 Februari: Beberapa Wilayah Diguyur Hujan Disertai Petir':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)