Ada 5 Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 Antiteror di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 23:11 WIB
Terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror di Sidoarjo mencapai lima orang. Empat orang merupakan warga Kecamatan Candi dan satu lagi warga Buduran.
Tempat tinggal salah satu terduga teroris di Sidoarjo/Foto: Suparno/detikcom
Sidoarjo -

Terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror di Sidoarjo mencapai lima orang. Empat orang merupakan warga Kecamatan Candi dan satu lagi warga Buduran.

Yang pertama yakni US (56) warga Jalan Jagir Wagir 1, Desa Kwangsaan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Ia ditangkap pukul 10.45 WIB di Jalan Raya Juanda.

Kedua yakni TS (53) warga Perumahan Taman Candiloka, Kecamatan Candi. Ia ditangkap di Jalan Raya Candi sekitar pukul 09.37 WIB.

Berikutnya BR (56) warga Perum Taman Puspa Sari, Desa Klurak, Kecamatan Candi. Terduga teroris ini merupakan penjual baju Muslim. Ia ditangkap di depan perumahan sekira pukul 10.50 WIB.

Lalu YS (52) warga Perum Permata Candiloka, Desa Balung Gabus, Kecamatan Candi. Ia ditangkap di Pasar Wisata Juanda sekitar pukul 11.30 WIB.

Yang terakhir RBM (47) warga Perumahan Bumi Candi Asri, Kelurahan Ngampelsari, Kecamatan Candi. Terduga teroris ini ditangkap sekitar pukul 11.50 WIB di jalan perumahan tersebut.

Usai ditangkap, tempat tinggal mereka kemudian digeledah. Di rumah BR, Densus 88 Antiteror menemukan senjata api, panah serta dokumen.

Sementara di rumah TS, petugas menemukan senjata api namun hanya pipa dan spiral yang diduga sebagai bahan senpi. Petugas juga menemukan beberapa dokumen.

"Penggeledahan di rumah terduga teroris TS ini sekitar pukul 13.30 WIB. Dalam penggeledahan ditemukan sebuah laptop, belasan spiral yang dibungkus plastik, dan satu pipa laras. Diduga digunakan untuk senjata rakitan," kata Rudi Hartono, Ketua RW di Perum Permata Candiloka, Jumat (26/2/2021).