Radius 50 Meter dari Tebing Longsor Pamekasan Dilarang Ditempati

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 20:22 WIB
gubernur khofifah mendatangi lokasi longsor pamekasan
Gubernur Khofifah pantau longsor Pamekasan (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

BPBD Jatim mengevaluasi longsor Pamekasan di Ponpes Annidhamiyah menyebabkan 5 santri meninggal tertimbun. BPBD memberi peringatan radius 50 meter di lokasi tebing longsor tidak boleh dihuni.

"Jadi ini tim dari rehabilitasi dan rekonstruksi dari BPBD Pamekasan, Pemprov Jatim sudah melihat tepian ini. Tepian belakang pondok ini, jadi tembok yang roboh hanya sebagian, tidak semua. Tapi potensinya 50 meter radius punya potensi sama (Longsor)," ujar Yanuar Rachmadi, Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim di lokasi, Kamis (25/2/2021).

Yanuar mengaku pihaknya telah bertemu dengan KH Humaidi, Pimpinan Ponpes Annidhamiyah, Kalaksa BPBD Pamekasan Amin Jabir, dan sejumlah pejabat setempat untuk melakukan evaluasi.

Berdasar evaluasi BPBD Jatim bersama BPBD Pamekasan, sudah meminta pihak Ponpes Annidhamiyah mengosongkan bangunan di dekat tebing longsor. Tebing di lokasi longsor di Pamekasan sendiri memiliki ketinggian 70 meter.

"Sudah disepakati, bahwa untuk yang di belakang ponpes, bangunan belum roboh tidak boleh ditempati. Radius 50 meter, karena bisa berulang (Longsor susulan). Menurut BMKG, curah hujannya tinggi sampai Juni," terangnya.

Saksikan juga '6 Tewas dan 15 Selamat saat Longsor di Tambang Emas Ilegal':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2