Penyintas COVID-19 Napi Lapas Porong Kompak Donor Darah Plasma Konvalesen

Suparno - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 12:15 WIB
Penyintas COVID-19 Napi Lapas Porong Kompak Donor Darah Plasma Konvalesen
Penyintas COVID-19 Lapas Porong donor konvalesen (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Lapas Porong ikut andil dalam penanganan COVID-19. Para napi lapas klas I Surabaya di Porong yang sudah sembuh dari COVID-19, melakukan donor plasma konvalesen.

Sekitar bulan Agustus 2020, ada 53 napi dan 4 orang pegawai Lapas Porong positif COVID-19. Setelah dilakukan perawatan di tempat di blok khusus kesehatan, akhirnya September 2020 mereka yang terpapar COVID-19 berangsur-angsur sembuh.

Kalapas Porong, Gun Gun Gunawan mengatakan, hari ini puluhan petugas dan napi yang sudah sembuh dari COVID-19 melakukan donor darah plasma konvalesen. Kemudian hasil donor tersebut diserahkan ke PMI Sidoarjo untuk warga yang membutuhkan.

"Kami sangat mengapresiasi para petugas maupun napi yang sudi donorkan darahnya usai sembuh dari COVID-19," kata Gun Gun di Lapas Porong, Kamis (25/2/20211).

Gun Gun menjelaskan jumlah penyitas COVID-19 petugas lapas dan napi hari ini rencananya mengikuti donor berjumlah 118 orang. Mereka sudah sembuh dari COVID-19, sejak tiga bulan lalu.

"Mereka yang mengikuti kegiatan donor plasma konvalesen ini sangat antusias. Terbukti bukan dari petugas Lapas Porong saja, namun dari lapas lain juga hadir," jelas Gun Gun.

Sementara Kepala UPT PMI Sidoarjo dr Septi Laili mengatakan kegiatan donor darah plasma konvalesen ini yang diharapkan oleh PMI. Mengingat darah tersebut di PMI Sidoarjo stoknya tidak ada, bahkan permintaan darah tersebut terus bertambah.

"Dengan kegiatan ini kami dari PMI Sidoarjo sangat senang, mengingat sampai saat ini sudah jarang warga yang melakukan donor plasma konvalesen. Sementara itu permintaan darah sangat banyak," kata Septi.

Nur Hasan (47), salah satu napi Lapas Porong kasus pembunuhan yang divonis seumur hidup mengaku dirinya pernah terpapar COVID-19. Bahkan dia mengaku dua kali terpapar, apalagi dirinya memiliki penyakit penyerta.

"Karena sudah sembuh total, maka kami bersama napi yang lain melakukan donor darah plasma konvalesen. Semoga dengan kegiatan ini bermanfaat bagi orang di luar lapas," tandas Nur Hasan.

(fat/fat)