Round-up

Jejak Mistis Pencari Porang Banyuwangi yang Hilang di Hutan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 10:35 WIB
Nurul Machrus (39) merupakan pencari bibit porang yang sempat hilang di hutan Banyuwangi. Kini ia menceritakan apa yang dialami selama di dalam hutan.
Nurul Machrus (kiri)/Foto file: Ardian Fanani/detikcom
Surabaya -

Pria yang hilang di hutan saat mencari bibit porang telah ditemukan dalam kondisi selamat. Ia pulang dengan sederet cerita mistisnya.

Pria hilang itu yakni Nurul Machrus (39). Ia 4 hari hilang di hutan petak 67 A RPH Gombeng, KPH Banyuwangi Utara, Sabtu (20/2). Ia merupakan warga Dusun Sumbernanas, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro.

Pria hilang itu ditemukan pada Rabu (24/2) pukul 00.30 WIB. Yakni di Petak 68 Perhutani Sumber Nanas, Kecamatan Kalipuro pada titik koordinat 8° 6'25.63"S 114°21'4.73"T.

Cerita mistis yang dialami berawal saat Nurul merasa kesulitan mencari porang di kawasan hutan petak 67 A RPH Gombeng, KPH Banyuwangi Utara. Ia akhirnya berkeluh kesah sendiri.

"Saya bilang 'yut putun riko mrene nggolek mangan. Heng niat nyalah. Wehono pangan apuwo yut' (Mbah buyut cucumu datang ke sini mencari rezeki. Tidak berniat buruk. Tolong dikasih tahu lah Mbah)," ujar Nurul kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Tak berselang lama, lokasi yang sebelumnya tidak ada bibit tanaman yang dicari, tiba-tiba penuh dengan porang. Alangkah gembiranya Nurul. Ia pun bergegas mengambil tanaman tersebut hingga tiga ikat.

"Saya baru sadar hari sudah mulai gelap. Dalam hati saya, kalau pulang mati saya. Bisa masuk jurang mati saya," terangnya.

Saat dilanda kekhawatiran, tiba-tiba Nurul mendengar suara orang batuk. Ternyata suara tersebut berasal dari seorang kakek tua yang kebetulan lewat dekat dengannya. Ia pun memberanikan diri bertanya 'mau ke mana Mbah?'. Menurutnya, kakek tersebut menjawab menggunakan aksen Bahasa Madura.

"Saya mau pulang, Adik kok belum pulang?" kata Nurul menirukan suara kakek tersebut.

"Kalau saya pulang, saya takut mati Mbah. Takut masuk jurang," jawab Nurul kala itu.