BMKG Prediksi Seluruh Jatim Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang, Waspada Banjir

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 10:15 WIB
Semua Wilayah Jatim Hari Ini Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kecang
Foto: Istimewa BMKG Juanda
Surabaya - Seluruh wilayah di Jawa Timur hari ini diprakirakan turun hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Namun, hujan tidak berlangsung secara serentak dan merata. Ada pula daerah yang cerah dan berawan saat beberapa daerah lainnya hujan lebat.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengimbau masyarakat tetap waspada dan hati-hati. Sebab, curah hujan deras disertai petir bisa saja menimbulkan dampak.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang sesaat. Waspadai potensi genangan hingga banjir. Imbauan yang bisa kami sampaikan agar tetap tenang, tetap waspada dan tetap mengupdate harian untuk informasi cuaca di sosmed dan web kami," kata Teguh saat dihubungi detikcom, Kamis (25/2/2021).

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini, 25 Februari 2021 yakni, pagi hari diprakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di wilayah Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Saat siang hingga sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sedangkan malam hari di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Bangkalan. Pada dini hari di wilayah Gresik, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Bangkalan dan Sampang.

"Sementara suhu udara hari ini sekitar 19 - 32°C, kelembapan udara 65 - 100 %. Sedangkan angin dominan dari barat dengan kecepatan 30 km/jam," ujarnya.

Berdasarkan data BMKG Juanda Surabaya, hari ini di wilayah tersebut terkait potensi banjir masih dalam status siaga.

Simak juga video 'BMKG Waspada Potensi Hujan Ekstrem dalam 24 Jam ke Depan':'

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)