Kota Surabaya Dibayangi Hujan Lebat Disertai Petir Mulai Pagi hingga Malam

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 09:49 WIB
BMKG Juanda Surabaya memprakirakan akan diguyur hujan lebat disertai petir pada siang hingga malam ini
Prakiraan cuaca di Surabaya (Foto: Istimewa BMKG)
Surabaya -

Pagi ini Kota Surabaya diguyur hujan ringan merata di semua kawasan. Hampir di seluruh kecamatan se-Surabaya diprakirakan diguyur hujan lebat disertai petir siang hingga malam.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, siang ini, pukul 13.00 WIB hujan petir akan terjadi di 26 kecamatan di Surabaya. Seperti Kecamatan Gayungan, Gunung Anyar, Rungkut, dan Wonocolo hanya hujan ringan. Sedangkan Kecamatan Pakal akan diguyur hujan sedang.

Saat sore hari pukul 16.00 WIB, hujan di Kota Pahlawan masih lebat dan disertai petir. Hujan akan menyebar ke seluruh kecamatan se-Surabaya sore ini.

Pada saat malam hari pukul 19.00 WIB hujan lebat disertai petir mulai mereda di empat kecamatan. Yakni Kecamatan Gayungan, Gunung Anyar, Rungkut dan Wonocolo intensitas hujan sudah ringan.

Sedangkan pada malam hari pukul 22.00 WIB cuaca sudah mulai mereda, hanya berawan. Namun pada dini hari pukul 01.00 WIB cuaca di Surabaya kembali berawan tebal dan pagi hari pukul 04.00 WIB akan hujan ringan di 27 Kecamatan, selain Kecamatan Gayungan, Gunung Anyar, Rungkut dan Wonocolo.

"Hari ini suhu udaranya 23-32⁰ C, kelembaban udara 60-100%, angin dominan dari barat dengan kecepatan 30 km/jam," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Karena curah hujan pada siang hingga malam hari lebat dan disertai petir, Teguh mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati. Sebab, hujan yang disertai petir bisa saja menimbulkan dampak.

"Seperti genangan, jalan licin, angin, dan petir. Maka tetap waspada," pungkasnya.

Tonton video 'BMKG Waspada Potensi Hujan Ekstrem dalam 24 Jam ke Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)