Pandemi COVID-19, Ini yang Beda dari SNMPTN di Unair

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 22:47 WIB
Kampus Universitas Airlangga
Kampus Universitas Airlangga/Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Surabaya -

Saat pandemi COVID-19, semua kegiatan dibatasi dan kebanyakan digelar secara daring. Termasuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Martha Kurnia Kusumawardani mengatakan, ada yang berbeda pada pendaftaran kuliah di Unair. Tetapi untuk proses SNMPTN-nya sama. Karena mulai dari registrasi akun peserta sampai pengumuman hasil SNMPTN, dilakukan melalui laman ltmpt.ac.id langsung.

Tahun lalu pendaftaran SNMPTN juga digelar pada Februari atau sebelum pandemi COVID-19. Namun tahun ini, semuanya dilakukan di masa pandemi, termasuk kegiatan sosialisasinya.

"Hanya, yang berbeda proses sosialisasi program SNMPTN ini. Kalau sebelum pandemi COVID-19 dilakukan secara tatap muka. Bisa PTN mengadakan education expo yang bisa dihadiri oleh berbagai kalangan yang mencari informasi terkait program studi tujuan. Juga bisa dengan sosialisasi dari sekolah ke sekolah," kata Martha saat dihubungi detikcom, Rabu (23/2/2021).

Selama pandemi COVID-19 ini, program sosialisasi itu digelar secara daring. Sebab, Unair juga memperhatikan dan taat pada aturan protokol kesehatan dari pemerintah, agar tidak terjadi klaster pendidikan.

"Bisa melalui zoom dan live streaming maupun virtual education expo yang saat ini juga dilakukan oleh Unair," imbuhnya.

Saat sosialisasi program, tidak dipungkiri adanya kendala yang dialami. Biasanya kendala yang terjadi yakni koneksi jaringan yang tidak maksimal.

"Ya, memang kadang ada kendala dari partisipan berkaitan dengan jaringan yang mungkin berbeda-beda kekuatannya di tiap wilayah," jelasnya.

Kendala lainnya, terkadang berkaitan dengan penguasaan teknologi virtual meeting yang beragam dari partisipan. Mengantisipasi kendala, Unair pun juga telah mempersiapkan solusinya agar sosialisasi SNMPTN 2021 apat diterima oleh para calon mahasiswa.

"Namun sejauh ini, alhamdulillah sosialisasi program yang dilakukan berjalan lancar. Kami memanfaatkan berbagai macam platform, termasuk melalui IG Live, yang lebih disukai oleh para calon mahasiswa," pungkasnya.

(sun/bdh)