Santunan COVID-19 Batal, Ahli Waris di Surabaya Merasa Di-PHP

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 21:21 WIB
santunan covid-19 di surabaya
Endang Riniasih bersama almarhum suami yang meninggal karena COVID-19 (Dok: Keluarga.)
Surabaya -

Para ahli waris pasien COVID-19 yang meninggal di Surabaya buka suara terkait pembatalan santunan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Mereka menyebut santunan senilai Rp 15 juta adalah Pemberi Harapan Palsu alias PHP.

Endang Riniasih (57), salah satu ahli waris yang telah diusulkan menyebut keputusan Kemensos adalah sepihak. Sebab, santunan COVID-19 itu merupakan instruksi Presiden Jokowi langsung.

"Ya kan PHP aja kan. Kan ini bantuan dari instruksi presiden. Kan yang mengambil keputusan presiden. Kok kenapa menteri sosial menghentikan. Berarti kan melawan presiden, gitu ya," tegas Endang kepada detikcom, Rabu (24/2/2021).

"Ya kalau gak ada anggaran ya harus diusahakan. Wong presiden sudah menginstruksikan. Mau diambilkan anggaran dimana kan kita juga gak tahu," tambah Warga Gembong, Kapasan itu.

Menurut Endang, terkait keputusan sendiri, dirinya tidak diberitahu langsung oleh pihak Dinsos maupun kecamatan. Ia mengaku baru mengetahui pembatalan itu dari pemberitaan televisi.

"Memang awalnya gak tahu. Kemudian saya tahu pas lihat berita di TV. Saya ndak pernah diberitahu Dinsos atau kecamatan soal pembatalan. Padahal bilangnya usulan santunan sudah disampaikan ke pusat (Kemensos)," jelas Endang.

Tak hanya itu, Endang juga mengaku tidak tahu menahu soal santunan COVID-19 bagi ahli waris pasien yang meninggal karena COVID-19. Ia menyebut dirinya dan para ahli waris lainnya diperintahkan mengurus oleh pihak Dinsos melalui kecamatan setempat.

"Kita ini gak tahu awalnya ada santunan. Tiba-tiba disuruh ngurus. Tapi sudah diurus dibatalkan. PHP. Masalahnya itu saya sudah meluangkan tenaga, waktu dan uang untuk mengurus ini kok. Eh dibatalkan. Jangan PHP," tegasnya.

Simak video 'Kemensos Beri Santunan Rp 15 Juta ke Keluarga Korban Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2