Longsor Pamekasan Timbun 5 Santriwati Diawali Hujan Deras dan Angin Kencang

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 11:53 WIB
longsor di pamekasan madura timpa ponpes dan warga
Longsor Pamekasan/Foto: Istimewa (Dok Anshor Pamekasan)
Pamekasan -

5 Santriwati Ponpes Annidhamiyah di Pamekasan tertimbun longsor. Sebelumnya, Dusun Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, dilanda hujan deras dan angin kencang. Setelah itu longsor terjadi.

"Sejak semalam sampai dini hari sekitar pukul 01.30 WIB itu memang hujan cukup deras disertai angin kencang di daerah itu," beber Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar kepada detikcom, Rabu (24/2/2021).

"Kalau beberapa hari sebelumnya ya hujan tapi tidak sederas semalam," imbuhnya.

Menurut Apip, peristiwa longsor Pamekasan di daerah tersebut baru pertama kali. Sebelumnya tidak pernah ada longsor meski ponpes berada di bawah bukit dan ada tebing terjal.

"Belum pernah. Baru kali ini (Terjadi). Lokasi ponpes memang di bawah tebing dan di sebelahnya ada bukit terjal, tapi baru kali ini longsor," tandas Apip.

Sebelumnya, longsor terjadi di Kabupaten Pamekasan, Madura, menimpa dua asrama putri Ponpes Annidhamiyah. Akibatnya, longsor di Dusun Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, roboh dan menimbun 5 santri.

Bangunan di bawah bukit itu roboh sekitar pukul 02.00 WIB. Kapolres AKBP Apip Ginanjar membenarkan longsor Pamekasan tersebut.

Simak juga Video: Perbaikan Jalan Akibat Longsor di Purwakarta Tunggu Kajian Tim Ahli

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)