Bebas Zona Merah, Seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berubah Oranye

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 09:39 WIB
Bebas Zona Merah, Seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tim Berubah Oranye
Foto: Istimewa Pempov Jatim
Surabaya -

Zona merah COVID-19 di Kabupaten/Kota Jawa Timur kini menghilang. Seluruh 38 kabupaten/kota masuk kategori zona oranye COVID-19.

"Update terbaru dari pusat, zonasi pekan ini di Jatim tidak ada zona merah. Seluruh kabupaten/kota zona oranye," ujar Jubir Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (24/2/2021).

Jibril menjelaskan, pekan lalu masih terdapat satu kabupaten dengan status zona merah COVID-19, yakni Jombang. Kini, Jombang telah masuk zona oranye COVID-19.

Menurut Jibril, hal ini selaras dengan kondisi zonasi di tingkat RT Jatim saat PPKM Mikro ini. Tidak ada RT dengan status zona merah lagi di Jatim.

"Jadi di tingkat RT juga tidak ada zona merah. Dominan kuning, hijau. Zona merah RT ini apabila di dalam satu RT ada 10 rumah yang penghuninya positif," jelasnya.

Meski sudah tidak ada zona merah COVID-19 saat ini, Jibril tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Ibu Gubernur juga terus menyampaikan, prokes terus dijaga, jaga jarak, apabila tidak ada sesuatu yang mendesak di luar rumah, tidak perlu keluar. Jadi tetap jangan lengah, jangan kendor," tandasnya.

Simak juga video 'Jokowi Klaim PPKM Skala Mikro Efektif Lawan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2