63 Puskesmas dan Dua RS di Surabaya Gelar Vaksinasi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 16:06 WIB
Vaksinasi COVID-19 tahap dua pemkot surabaya untuk lansia
Pemkot Surabaya vaksin lansia (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pemkot Surabaya melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua secara serentak. Ada 63 puskesmas dan 2 RS milik Pemkot Surabaya melakukan vaksin COVID-19. Vaksin diberikan kepada nakes yang belum mendapat tahap pertama. Di antaranya TNI, Polri, ASN dan lansia.

Untuk tahap dua dosis satu, Pemkot Surabaya mendapat 12.480 vial vaksin COVID-19. Dosisnya bisa digunakan untuk 10 orang, sehingga 12.480 vial itu bisa digunakan untuk 124.800 sasaran. Diharapkan vaksinasi ini rampung dalam tiga hari ke depan.

"Kita utamakan ASN dan lansia, harapannya cepat 1-3 hari dituntaskan, lalu tahap selanjutnya nunggu droping dari kementerian," kata Plh Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan di Balai Kota Surabaya, Selasa (23/2/2021).

Ia memastikan Pemkot Surabaya terus berusaha mempercepat vaksinasi tahap dua ini. Sebab, semakin cepat menyelesaikan dan menghabiskan vaksin yang dikirim, semakin cepat pula mendapat droping vaksin selanjutnya.

"1-3 Hari ini semua, termasuk Polres, TNI semua setelah itu mohon ke kemenkes dapat lagi untuk perkumpulan lainnya, misalnya pasar, korporasi, dan sebagainya. Makanya ini di polres dan puskesmas juga menggelar vaksinasi, kita percepat," jelasnya.

Lihat Video "Kemenkes: Masih 20% Tenaga Kesehatan yang Belum Divaksinasi":

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)