Anggota Polres Lamongan Tes Urine Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 14:57 WIB
Tak ingin kejadian ada anggotanya terjerat narkoba, Polres Lamongan melakukan tes urine dadakan ke semua anggotanya. Tak hanya anggotanya yang ada di Polres, jajaran Polsek juga tak luput dari tes urine dadakan ini.
Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Ratusan anggota Polres Lamongan melakukan tes urine dadakan ke semua anggotanya. Baik di lingkungan polres dan polsek, 500 lebih polisi yang dites urine hasilnya negatif.

Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana membenarkan pihaknya melakukan tes urine dadakan ke semua anggotanya agar tak ada anggotanya terjerat narkoba.

"Tes urine dilakukan ke semua anggota polisi di Polres Lamongan hingga ke polsek jajaran dan memang benar untuk tes urine ini dilakukan secara mendadak," kata Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana pada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Miko mengungkapkan, tes urine ini dilakukan secara berkala dengan waktu 1 hingga 2 bulan. Waktunya akan dilakukan secara acak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke seluruh anggota, baik Polres Lamongan maupun di polsek.

"Tentunya ini juga merupakan salah satu langkah antisipasi terhadap keterlibatan anggota terkait narkoba," terangnya.

Tak hanya itu saja, lanjut Miko, tes urine ini nantinya akan berkelanjutan dengan pengecekan ke rumah-rumah anggota polisi. Pengecekan hingga ke rumah anggota ini, tandas Miko, agar tidak ada anggota yang terjangkit dengan barang haram tersebut hingga benar-benar aman. Tak hanya rumah, Miko menegaskan, juga akan melakukan pengecekan ke asrama polisi yang ada ada di rumah.

"Tentunya pengecekan dilakukan secara berkala hingga nantinya dilakukan pengecekan lagi kedepan," bebernya.

Miko juga mengungkapkan, hingga kini, belum ada laporan anggota mengkonsumsi narkoba. Namun bila ada anggota menggunakan barang haram tersebut, pihaknya tidak segan-segan menghukum sesuai pasal berlaku mulai dari penurunan pangkat hingga pemberhentian dari jabatanya kali ini. "Sampai saat ini, hasil tes urine dan pengecekan di Polres Lamongan masih negatif semua," pungkasnya.

(fat/fat)