7 Daerah di Jatim Siaga Banjir Bandang, 28 Kab/Kota Diimbau Waspada

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 11:56 WIB
bmkg juanda hari ini , 7 Daerah di Jatim Siaga Banjir Bandang, 28 Waspada
Prakiraan cuaca hari ini dari BMKG Juanda (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

BMKG Juanda Surabaya memprakirakan pada 23 - 24 Februari 2021 berpotensi banjir bandang dampak hujan deras. Dari 35 daerah di Jatim, tingkat potensi banjir mulai dari waspada hingga siaga.

Potensi dampak hujan lebat ini, 7 daerah di antaranya siaga dan 28 lainnya waspada. Data daerah siaga banjir bandang yaitu, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Kota Probolinggo, Sidoarjo, dan Kota Pasuruan.

Sementara daerah yang waspada yakni, Kota Malang, Jember, Situbondo, Mojokerto, Gresik, Kota Surabaya, Lamongan, Kota Batu, Banyuwangi, Bondowoso, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Ngawi, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kediri, Kota Kediri, Blitar, Tulungagung, Kota Blitar, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, Magetan, Madiun, dan Kota Madiun.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menyebut data tersebut merupakan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Jakarta. Khususnya untuk tanggal 23 Februari 2021.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, bahwa Jawa Timur pada periode bulan Februari ini masih didominasi puncak musim hujan.

"Potensi cuaca yang terjadi masih cukup tinggi dan intens hampir merata di wilayah Jatim," kata Teguh saat dihubungi detikcom, Selasa (23/2/2021).

Teguh juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Terlebih hujan yang disertai angin kencang sesaat.

"Waspadai efek lanjutan potensi genangan, banjir, banjir bandang dan tanah longsor. Perlunya kesadaran dan kerjasama darj masyarakat untuk tetap tenang tetapi tetap waspada, selalu mengupdate harian untuk informasi cuaca di sosmed dan web kami (BMKG)," pungkasnya.

Simak video 'Korban Jebolnya Tanggul Sungai Citarum: Air Langsung 'Burrr'!':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)